Seusai Diterjang Banjir Bandang, Warga Cimaja Sukabumi Cari Sisa Ikan yang Tak Terbawa Hanyut

Seusai Diterjang Banjir Bandang, Warga Cimaja Sukabumi Cari Sisa Ikan yang Tak Terbawa Hanyut
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Selasa, 9 Juni 2020 08:20 WIB

Terasjabar.id - Banjir bandang sekitar pukul 17.00 WIB, Senin (8/6/2020) kemarin, mengahantam puluhan hektare sawah warga yang ditebar ratusan liter bibit ikan di Kampung Margaluyu, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Selasa (9/6/2020) pagi ini warga Kampung Margaluyu berusaha mencari ikan yang masih tersisa, setelah ikan yang ditebar habis tergerus banjir.

Menurut seorang warga, Sahrul (34) sejak pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB, warga sudah berdatangan ke sawah untuk mencari sisa ikan yang tidak terbawa banjir.

"Ikannya hampir habis (terbawa banjir), kami berusaha mengambil sisa-sisa ikan yang masih ada," ujar Sahrul kepadaTribunjabar.id di lokasi, Selasa (9/6/2020).

Sahrul mengatakan, warga mencari sisa ikan yang masih ada hanya untuk dikonsumsi, karena tidak memungkinkan untuk dibudidayakan kembali.

"Untuk dikonsumsi aja, soalnya tempatnya hancur kalau ditanam lagi," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Cimaja Raden Wahyu Cakraningrat mengatakan, banjir bersumber dari luapan air Sungai Cihaur yang berada di dekat persawahan warga.

Akibatnya, sawah warga seluas sekitar 20 hektare, yang ditebar berbagai jenis ikan terendam.

"Tadi sekitar jam 3 sore, itu luapan dari Sungai Cihaur. Kenapa sungai cihaur meluap, karena ada pendangkalan. Air meluap masuk ke persawahan warga, itu sekitar 20 hektare, sebetulnya yang terkena sawah, namun karena saat ini sawah dijadikan kolam ikan, gara-gara ada hama, akhirnya warga sekarang tanam ikan," ucap Raden, Senin (8/6/2020).

Ia menyebutkan, sekitar 500 liter benih ikan yang terendam banjir. Namun, diperkirakan ikan habis terbawa arus banjir.

Kerugian akibat kejadian tersebut mencapai Rp 30 juta.

"Sekitar 500 liter benih ikan, satu liter Rp 60 ribu, sekitar Rp 30 jutaan untuk ikannya saja. Di bawah juga infonya ada vila terkena, alhamdulillah enggak ada korban jiwa. Cuma saya minta, Pak Bupati, Pak Wakil Bupati untuk normalisasi sungai Cihaur," ujarnya.

(Tribunjabar.id)


Virus Corona Sukabumi Banjir Bandang


Loading...