BKN Belum Putuskan Jadwal Tes SKB CPNS 2019, Bagaimana Nasib Seleksi CPNS 2020?

BKN Belum Putuskan Jadwal Tes SKB CPNS 2019, Bagaimana Nasib Seleksi CPNS 2020?
Topcareer
Editor: Malda Hot News —Rabu, 3 Juni 2020 08:20 WIB

Terasjabar.id - Belum ada kejelasan terkait jadwal Tes SKB ( Seleksi Kompetensi BidangCPNS 2019 atau tahun anggaran 2019 dari Badan Kepegawaian Negara ( BKN) maupun Panitia Seleksi Nasional ( Panselnas).

Lalu bagaimana nasib seleksi CPNS 2020 yang dikabarkan bakal digelar bulan September ini, jika Tes SKB CPNS 2019 saja belum jelas?

Seperti diketahui, Tes SKB CPNS 2019 harus diundur dari yang awalnya 25 Maret 2020 harus diundur rencananya hingga bulan Agustus karena pandemi virus corona atau Covid-19.

Namun menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara ( BKN), Bima Haria Wibisana selaku Ketua Pelaksana Panselnas mengatakan jadwal Tes SKB CPNS 2019 ini juga belum pasti.

Hal ini lantaran tetap menyesuaikan dengan status kedaruratan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Untuk itu, selain menunggu persetujuan Presiden terhadap jadwal yang ditetapkan tersebut, Panselnas juga mempertimbangkan rekomendasi dari Gugus Tugas Pandemi soal status darurat Covid-19,” terang Bima dalam keterangan resmi, Selasa (19/5/2020) malam.

Aspek kesiapan pelaksanaan tes

Dari aspek kesiapan infrastruktur pelaksanaan tes, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen memaparkan soal antisipasi metode pelaksanaan seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) bila digelar di masa pandemi Covid-19.

Suharmen menyebutkan bahwa BKN saat ini terus melakukan uji coba atau stress testing sistem CAT online sebagai antisipasi pelaksanaan SKD Dikdin Tahun 2020 dan SKB CPNS Formasi Tahun 2019.

“Dari sisi pelaksanaan secara teknis, kami sudah mencoba antisipasi metode tes pelaksanaan tes SKB CPNS 2019 dan SKD Dikdin 2020," kata dia.

Salah satu yang sudah dilakukan uji coba adalah pelaksanaan ujian CAT pada seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kementerian Agama dengan menggunakan metode CAT Online pada 12 Mei 2020 lalu.

"BKN juga terus melakukan pemutakhiran secara sistem dan teknologi untuk pelaksanaan seleksi secara massal di masa pandemi Covid-19 seperti ini,” jelas Suharmen.

Nasib Seleksi CPNS 2020

Jika nasib Tes SKB CPNS 2019 belum jelas, lalu bagaimana dengan rencana seleksi CPNS 2020?

Sebelumnya, pada bulan Februari 2020 lalu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono tak menampik adanya kemungkinan pembukaan keran CPNS 2020.

Paryono mengatakan pembukaan CPNS 2020 kemungkinan akan digelar dalam beberapa waktu ke depan.

"Bulan September tahun ini (mungkin akan dibuka untuk CPNS 2020)," kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Rabu (5/2/2020).

Namun, imbuhnya, hal tersebut masih harus dikaji secara mendalam.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Andi Rahadian.

Saat ini, imbuhnya Kemenpan-RB masih fokus menyelesaikan pengadaan atau penerimaan CPNS 2019.

"Mungkin saja September 2020. Tapi masih perlu pembahasan lanjutan," kata Andi menjelaskan.

Mengisi kekosongan Lebih lanjut, penerimaan CPNS pada tahun 2020 prinsipnya adalah untuk mengisi PNS atau ASN yang sudah pensiun.

Tentunya, juga sesuai dengan kebutuhan dari kementerian-kementerian dan lembaga di pusat dan daerah.

Kemungkinan besar, formasi rekrutmen CPNS 2020 akan diisi oleh instansi yang tidak membuka seleksi CPNS 2019.

"Ya memang pada saat mereka (instansi) mengajukan penundaan untuk pembukaan CPNS 2019 kan kita memberikan surat persetujuan dan kita memang mendorong supaya untuk dibuka tahun ini," kata Andi.

"Contohnya adalah Kemenpar dan Ekonomi Kreatif," kata Andi.

Menurut dia, Kemenpar dan Ekonomi Kreatif menunda pelaksanaan CPNS 2019 karena adanya struktur baru yang masuk ke kementerian tersebut.

CPNS 2020 Ditiadakan

Akan tetapi, lantaran pandemi virus corona dan Covid-19 mulai terjadi di Indonesia pada bulan Maret, membuat segalanya berubah.

Plt Humas BKN Paryono mengatakan CPNS 2020 ditiadakan karena pemerintah tidak mengalokasikan anggaran untuk penerimaan CPNS dan fokus ke penanganan virus corona atau Covid-19.

"Untuk tahun anggaran 2020, ditiadakan (penerimaan CPNS)," ujar Paryono, Senin (1/6/2020).

Hal senada juga diungkapkan Plt Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Teguh Wijinarko.

Teguh menjelaskan seleksi CPNS 2020 kemungkinan bakal ditunda untuk CPNS tahun anggaran 2021.

"Tidak mungkin proses rekrutmen digelar dalam situasi seperti ini. Apalagi pemerintah tengah fokus pada penanganan Covid-19," ujarnya.

Meski demikian, Teguh menjelaskan proses usulan formasi dari intansi pusat dan daerah tetap berjalan.

(Tribunjakarta.com)

SKB CPNS BKN ASN


Loading...