Ditengah Pandemik Covid-19 Kemendagri Gelar Lomba Prokes

Ditengah Pandemik Covid-19 Kemendagri Gelar Lomba Prokes
Video comference Lomba Inovasi dan kreativitas bersama Mendagri Jumat (29/5-2020)
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 30 Mei 2020 09:21 WIB

Terasjabr.id - Kemendagri menggelar Lomba Daerah Berinovasi, Menuju Kehidupan New Normal, untuk merangsang kreativitas pemerintah daerah dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Lomba Prokes ini akan segera digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah, Matheos Tan, dalam Telecomference dengan para Kepala daerah (Bupati/Walikota) di masing-masing kabupaten Kota Jumat (29/5-2020). Matheos mengatakan, kegiatan ini untuk mendorong gerakan nasional membuat dan melaksanakan protokol kesehataan Covid-19 oleh pemerintah daerah, yangakan diikuti oleh seluruh Provinsi, Kota/Kabupaten termasuk daerah tertinggal atau perbatasan.

Melalui lomba masyarakat dapat kembali produktif, sehingga roda perekonomian seperti aktivitas perdagangan kembali berjalan. Selain itu, sebagai prasyarat dalam membuat simulasi secara masif oleh pemerintah daerah dalam menghadapi kehidupan normal baru. "Lomba ini juga untuk mendorong langkah pemangku kepentingan yang belum menerapkan aturan agar segera berinovasi dan beradaptasi. Selain itu, gelaran ini untuk menilai pencegahan Covid-19 melalui protokol dibuat pemerintah daerah," papar Matheos.

Gambar

Untuk Ketentuan Lomba, Video merupakan simulasi New Normal Life pada 7 sektor ( Pasar Tradisional, Pasar Modern(Mall,Minimarket), Sekolah, Restoran, Hotel, PTSP, dan Tempat Wisata Setiap Daerah. Video di buat maksimal hanya 1,5 menit, dan video dikirim paling lambat 8 juni 2020, untuk info lebih lanjut bisa di lihat di website Kemendagri.

Ketujuh kategori ini, “Peringkatnya nanti terbagi satu, dua, dan tiga,” ujar Matheos. Sedangkan, materi penilaian menekankan pada inovasi yang dapat diamati, ditiru, dan dimodifikasi, baik sebagian atau seutuhnya. “Jadi nanti bisa direplikasikan ke daerah lain,” tutur Matheos. Peserta lomba nanti bakal dinilai tim penilai dari Kemendagri, Kemenjes RI Kementrian Keuangan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (H WAWAN JR)

Kemendagri Kuningan Lomba Prokes


Loading...