Daerah Ini Kemungkinan Segera Terapkan 'New Normal'

Daerah Ini Kemungkinan Segera Terapkan 'New Normal'
Detik News
Editor: Malda Hot News —Kamis, 28 Mei 2020 08:29 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah mulai memetakan sejumlah daerah yang dianggap sudah siap menerapkan new normal, readyviewed mengacu pada tingkat R0 atau Rt yang berada di bawah angka satu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan pemerintah akan melihat kesiapan suatu daerah, sebelum benar-benar menerapkan new normal. Penerapan pola hidup baru, tidak akan diputuskan secara sembarangan.

"Tentu dari kesiapan sosial, ekonomi, pemerintah melihat kesiapan masing-masing daerah," kata Airlangga dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Rabu (27/5/2020).

Di Pulau Jawa sendiri, R0 yang dijadikan acuan pemerintah sebelum memberlakukan new normal dalam trend menurun. Mulai dari di wilayah Jawa Tengah, Bali, DKI Jakarta, hingga Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Untuk Sumatera, seperti Aceh, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, juga angkanya sudah di bawah 1 dan trendnya sudah menurun," katanya.

"Demikian pula di beberapa daerah di Sulawesi yaitu Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, kemudian Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat," katanya.

Airlangga menegaskan bahwa pemerintah pun telah menyiapkan protokol kesehatan yang nantinya akan mengatur protokol di tempat bekerja, aturan bagi para pekerja, hingga koordinasi antara tempat bekerja dan pemerintah daerah.

"Di sektor industri juga sudah ada edaran terkait dengan kawasan industri, pekerja dan panduan social distancing," jelasnya.(CNBCIndonesia)

Virus Corona New Normal Indonesia MUI Daerah


Loading...