Sementara itu, Menteri Perdagangan RI, Budi Santoso mengatakan, saat ini, 80 persen produk di ritel adalah produk lokal.
“Kita ingin pasar kita tetap diisi produk dalam negeri, bukan asing. Caranya dengan terus meningkatkan daya saing, baik di ritel modern maupun tradisional, dan memberi ruang bagi UMKM,” jelasnya pada sambungan Online.
Ia juga mengingatkan pentingnya kesiapan menghadapi transformasi dari perdagangan offline ke online.
Sementara itu, Ketua Umum HIPPINDO, Budiharjo Iduansjah menjelaskan, beberapa agenda utama HARMONI meliputi Peluncuran Program UKM Pangan Binaan Kementerian Perdagangan ke Ritel Modern, Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) pada 15–31 Agustus 2025, dan Harmoni Award 2025 sebagai ajang penghargaan insan ritel.
Ada juga, Indonesia Retail Summit & Expo 2025 yang menampilkan inovasi industri ritel dan Diskon khusus untuk lansia sepanjang Agustus di ritel yang berpartisipasi.
“Harmoni adalah upaya memajukan industri ritel Indonesia, memperkuat pasar lokal, dan memberi manfaat nyata untuk pelaku usaha dan konsumen,” tuturnya.***