TERASJABAR.ID – Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Kabupaten Garut, Nia Garnia Karyana, membuka kegiatan Workshop Ekonomi Kreatif Berbasis Digital yang digelar di Aula Gedung Pemuda Kabupaten Garut, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kamis (30/10/2025).
Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Garut dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Garut.
Nia Garnia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada HMI dan KNPI yang telah menggagas kegiatan ini.
Ia menegaskan bahwa bisnis digital adalah sektor yang tidak akan pernah habis, karena terus berkembang melalui pemanfaatan teknologi seperti internet, aplikasi, dan platform online.
”Dengan pemanfaatan teknologi sebagai inti dari operasional bisnis, semua aspek bisnis mulai dari promosi, penjualan hingga layanan pelanggan, dilakukan secara daring, hingga mampu menjangkau pelanggan di mana saja dan kapan saja, melintas batas geografis serta lebih efisien dan fleksibel,” jelas Nia Gania.
Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara KNPI dan Pemerintah Daerah agar kegiatan seperti ini bisa menjadi pilot project bagi organisasi kepemudaan lain.
”Selamat berdiklat digitalisasi, mudah-mudahan mendapat keberkahan atas apa yang rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi terima hari ini,” tutupnya.
Sementara itu, Perwakilan KNPI Kabupaten Garut, Cepy Muhammad, mengapresiasi kegiatan ini karena sejalan dengan grand design program DPD KNPI Garut.
Ia mengakui tantangan ekonomi digital cukup besar, sehingga pemuda harus didorong agar adaptif terhadap perubahan.
”Kita harus selalu adaptif terhadap perubahan transformasi,” tegas Cepy.
Ia berharap Pemkab Garut memperbanyak pelatihan serupa dan mendukung program ekonomi digital yang digagas pemuda.
”Kegiatan ini harus ditularkan kepada berbagai pemuda/mahasiswa sehingga akan banyak mahasiswa lain bisa melaksanakan program kegiatan workshop digitalisasi ini,” harapnya.
Ketua Pelaksana, M Sail Maarij, menambahkan bahwa workshop bertema “Peluang Besar di Balik Konten dan Inovasi Digital” ini bertujuan untuk memahami konsep dan tren digital marketing modern. Kemudian mengetahui strategi monetisasi produk digital, lalu membangun brand presence di dunia digital dan menyusun langkah nyata untuk menghasilkan income dari produk.
Ia berharap peserta memperoleh ilmu yang bermanfaat dan mampu bekerja dengan cerdas.
”Tetap yakinkan dengan iman, usahakan dengan ilmu, sampaikan dengan amal, yakin usaha sampai (beriman, berilmu, dan beramal),” pungkasnya.***

















