Advertisement

Dentuman Misterius di Bandung Raya Terdengar Lagi, Kodam Siliwangi Lakukan Pengecekan

Dentuman Misterius di Bandung Raya Terdengar Lagi, Kodam Siliwangi Lakukan Pengecekan
Foto/ilustrasi.ist
Editor: Dea Teras Bandung —Jumat, 22 Mei 2020 14:10 WIB

Terasjabar.id â€“  Suara dentuman kembali terdengar di kawasan Bandung Raya pada Jumat (22/5/2020) pagi. Sama seperti pada Kamis (21/5/2020), dentuman itu terdengar beberapa kali antara pukul 08.00-09.00 WIB dan berdurasi singkat.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) III/Siliwangi Kolonel FX Sri Wellyanto memgatakan, Kodam III/Siliwangi tengah mengecek asal dan penyebab suara dentuman yang terdengar masyarakat Bandung Raya. "Kami (Kodam Siliwangi) sedang mengecek (asal dan penyebab suara dentuman)," kata Wellyanto, Jumat (22/5/2020). 

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kepantak) Lanud Sulaiman Kapten TNI Roslina mengatakan, sejak wabah Corona atau COVID-19 merebak, tidak ada kegiatan latihan apa pun di Lanud Sulaiman.

Begitu juga, kata Rolina, tidak ada latihan menggunakan pesawat tempur supersonik. ”Di Lanud Sulaiman tidak gak ada kegiatan. Semua off... (akibat wabah) Corona,” kata Roslina saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Sampai saat ini belum ada konfirmasi memuaskan terkait asal dan penyebab dentuman misterius itu. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memastikan hari ini cuaca cerah berawan pagi hingga siang. Tak ada satu daerah di kawasan Bandung Raya yang dilanda hujan lebat disertai petir.


Begitu juga dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan, tak ada satu pun gunung api di sekitar Bandung Raya yang erupsi. PVMBG memastikan suara dentuman tersebut bukan berasal dari aktivitas vulkanologi.

"Sampai hari ini tidak dilaporkan adanya erupai gunung api di sekitar Kota Bandung, baik Gunung Tangkubanparahu, Guntur, maupun Gunung Gede. Begitu juga di kawasan Bandung selatan tidak ada aktivitas gunung api. Dengan demikian, dentuman yang bnyak dibicarakan bukan berasal dari aktivitas vulkanologi atau erupsi gunung api," kata Kepala Bidang Mitigasi  Gunungapi Hendra Gunawan.





(Sindonews.com)

Dentuman Misterius di Bandung Raya Terdengar Lagi Kodam Siliwangi Lakukan Pengecekan


Related Post


 


Loading...