Waduh !! 16 Tenaga Medis di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar Terpapar Virus Corona, ada yang Memilih Isolasi Mandiri

Waduh !! 16 Tenaga Medis di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar Terpapar Virus Corona, ada yang Memilih Isolasi Mandiri
(Sindonews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 22 Mei 2020 10:52 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 16 tenaga medis di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo Makassar terpapar virus corona. Mereka setiap harinya memang bertugas mengurus pasien yang diduga terinfeksi Covid-19.

"Iya benar, dalam tiga hari staf kami, dokter, perawat dan nakes lainnya sudah terinfeksi. Mereka terkonfimasi positif," kata Direktur RSUP Wahidin Sudirohusodo, dr Khalik Saleh, saat dikonfirmasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (21/5/2020) malam.

Dia mengatakan, dari jumlah tenaga medis terkonfirmasi positif itu, sebagian memilih isolasi mandiri. Kemudian beberapa dari mereka dirawat intensif di rumah sakit, dan sisanya menjalani program karantina di hotel.

Menurutnya, sejumlah tenaga medis ini dinyatakan positif corona setelah menangani pasien positif di ruangan isolasi. Mereka tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengenakan APD lengkap, namun tetap terinfeksi Covid-19.

"Para tenaga medis yang bertugas selalu mengenakan APD lengkap, tapi masih saja kena. Kami berharap masyarakat tidak berkeliaran selama masa pendemi, sehingga bisa mengurangi beban tenaga medis kita," katanya.

Dengan terpaparnya 16 tenaga medis ini, kata Khalik, berpengaruh pada sistem rotasi pekerjaan mereka. RSUP Wahidin juga mengevaluasi APD yang ada saat ini, karena dinilai dapat ditembus Covid-19.

"Kami tentu masih membutuhkan APD, paling baik kalau itu berkualitas bagi tenaga medis kita yang bertugas. Saat ini penambahan tenaga medis masih diperlukan, mengingat jumlah pasien terus bertambah," ujar dia.

Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona Tenaga Medis RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar


Loading...