Advertisement

Hasil Penelitian: Mobil Dijemur, Virus Corona dalam Kabin Bisa Enyah

Hasil Penelitian: Mobil Dijemur, Virus Corona dalam Kabin Bisa Enyah
Ilustrasi kabin mobil. [Shutterstock]
Editor: Dea Teras Techno —Rabu, 20 Mei 2020 17:32 WIB

Terasjabar.id –  Berdasarkan penelitian University of Georgia, Amerika Serikat, mobil yang terjemur di bawah sinar matahari cukup terik mampu membunuh Novel Coronavirus atau Covid-19 yang bersarang di dalamnya.

Hasil penelitian menyebutkan paparan panas yang tinggi dapat lebih mudah membunuh virus dibandingkan menyemprotkan cairan disinfektan ke dalam kabin mobil.


Meskipun virus dapat bertahan pada bahan kertas dan karton selama satu hari dan baja tahan karat selama tiga hari, namun menaikkan panas hingga 130 derajat Fahrenheit di dalam mobil dapat membunuh 99,99 persen virus dalam waktu 20 menit. Sedangkan pada suhu 150 derajat Fahrenheit mampu membunuh virus dalam lima menit.

Penggunaan Sinar UV di dalam kabin mobil Hyundai (Caradvice)
Penggunaan Sinar UV di dalam kabin mobil Hyundai. Sebagai  ilustrasi "memanaskan" mobil  (Caradvice)

"Lebih banyak pengujian perlu dilakukan, tetapi kami tahu bahwa semakin hangat kabin, semakin sedikit waktu yang dimiliki virus untuk bertahan," kata Travis Glenn, profesor ilmu kesehatan lingkungan di Universitas Georgia, dikutip dari Motor1.

Sementara itu masker yang terpapar panas diklaim juga dapat mengurangi risiko penularan Coronavirus secara signifikan. Bahkan jika tidak ada matahari, masker bisa dipanaskan dengan menggunakan pengering hingga sekitar 130 derajat Fahrenheit. Tapi kembali lagi, jika mobil terpapar panas saat sedang bepergian.

Travis Glenn menyarankan untuk meninggalkan masker cadangan agar terpapar suhu panas di dalam kabin saat mobil tengah diparkir.

"Kita semua didorong untuk mengenakan masker saat berbelanja atau melakukan tugas penting lainnya di luar rumah. Mobil yang diparkir menjadi cukup panas pada hari-hari yang cerah. Jadi, Anda bisa membawa dua masker. Satu dipakai, satu ditinggalkan dalam mobil saat berbelanja di suatu tempat yang hangat," kata Travis Glenn.

Namun saran yang lebih paten adalah cuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir, minimal 30 detik. Selanjutnya, jauhi kerumuman dan tetap disiplin tinggal di rumah.




(Suara.com)

Hasil Penelitian: Mobil Dijemur Virus Corona dalam Kabin Bisa Enyah


Related Post


 


Loading...