Jokowi Luncurkan PCR, Ventilator, hingga Mobile Lab BSL-2 Buatan dalam Negeri

Jokowi Luncurkan PCR, Ventilator, hingga Mobile Lab BSL-2 Buatan dalam Negeri
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres/Kris
Editor: Admin Hot News —Rabu, 20 Mei 2020 15:52 WIB

Terasjabar.id –  Presiden Jokowi meresmikan Peluncuran Produk Riset, Teknologi dan Inovasi untuk percepatan penanganan COVID-19 secara virtual dari Istana Merdeka, Rabu (20/5).

Acara ini juga diikuti oleh Wapres Ma'ruf Amin, Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo, jajaran para menteri hingga akademisi dan para peneliti.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut peluncuran ini sekaligus memperingati hari Kebangkitan Nasional yang ditandai dengan terciptanya produk-produk buatan dalam negeri untuk membantu penanganan COVID-19.

"Saat ini dunia sedang beradu cepat dalam menangani COVID. Dan kita harus menjawab dengan inovasi dan karya nyata yang konkret. Ini adalah momentum baru bagi kebangkitan bangsa, momentum baru kebangkitan di bidang sains dan teknologi khususnya di bidang kesehatan, " kata Jokowi, Rabu (20/5).

Jokowi juga menekankan sudah seharusnya masyarakat Indonesia bangga karena ada produk-produk buatan dalam negeri yang bisa dimanfaatkan dalam penanganan virus corona.


corona
com-Pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA (PCR COVID-19) Prodia Foto: dok. Prodia
Sehingga, beban pemerintah untuk melakukan kegiatan impor alat-alat kesehatan penanganan COVID-19 bisa diminimalisir.

"Hari ini kita patut berbangga karena dari tangan anak bangsa kita mampu menghasilkan karya yang sangat dibutuhkan," ujarnya.

"Dari yang saya lihat kemarin saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak kita pikirkan dan kita impor sekarang kita mandiri karena bisa produksi sendiri," lanjutnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta masyarakat mendukung apa yang sudah dilakukan pemerintah hingga beberapa pihak yang melibatkan diri dalam penanganan virus ini.

"Sudah saatnya masyarakat mulai mencintai produk dalam negeri dan kita harus bangga buatan Indonesia. Kita harus terus-menerus memperbaiki ekosistem bagi tumbuh berkembangnya inovasi dan juga mentalitas bangga pada produk dalam negeri," jelasnya.

Dia juga berharap semua pihak bisa saling berkoordinasi dengan baik demi mengatasi persoalan pandemi COVID-19 ini.

"Kerja sama dan kolaborasi antara kekuatan anak bangsa harus diperkuat lembaga-lembaga, Litbang, Perguruan Tinggi, dunia usaha, dunia Industri, masyarakat semuanya harus bekerja sama membangun ini," tuturnya.

Diketahui, beberapa produk buatan dalam negeri yang diluncurkan pada hari ini seperti, PCR Test Kit, Rapid Test Kit, Ventilator BPPT, ITB, UI, UGM, Imunomodulator, Plasma Convalesence, Mobile Lab BSL-2, AI untuk Deteksi covid-19, Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR), hingga Purifying Respirator.
(Kumparan.com)

Jokowi Luncurkan PCR Ventilator hingga Mobile Lab BSL-2 Buatan dalam Negeri


Loading...