Transmisi Lokal Meningkat di Kota Sorong, Jadi Daerah Rawan Covid-19

Transmisi Lokal Meningkat di Kota Sorong, Jadi Daerah Rawan Covid-19
(Okezone News : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 20 Mei 2020 09:58 WIB

Terasjabar.id - Tim Satuan Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat menyatakan, kota Sorong, sebagai daerah transmisi lokal atau penyebaran lokal virus corona jenis baru penyebab Covid-19. Sorong menjadi daerah yang sangat rawan di provinsi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat, Arnoldus Tiniap dalam jumpa pers virtual bersama warga, Senin (18/5/2020).

Menurut Tiniap, dari hasil laporan dan analisis tim Satgas, ditemukan telah terjadi transmisi lokal penyebaran virus corona di empat daerah yakni Kota Sorong, Kabupaten Raja Ampat, dan Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Manokwari.

Dia menjelaskan bahwa empat daerah tersebut melaporkan bahwa sebagian pasien yang dinyatakan positif terpapar virus corona sama sekali tidak punya riwayat perjalanan ke luar daerah, terlebih khusus ke daerah pandemi luar Papua Barat.


Dengan demikian, kata dia, telah terjadi transmisi lokal di empat daerah tersebut dan transmisi lokal terbanyak serta sangat rawan ada di kota Sorong. Daerah tetangga Raja Ampat juga masuk kategori transmisi lokal terbanyak.

Karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat terutama kota Sorong dan Raja Ampat agar meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus corona.

Pemerintah provinsi Papua Barat juga menerapkan kepada pemerintah daerah-daerah yang telah terjadi penyebaran lokal terutama kota Sorong dan Raja Ampat agar lebih intens melakukan upaya pencegahan.

"Kami berharap masyarakat mengikuti upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona demi kebaikan bersama," ujarnya.

Disadur dari Okezone.com 

Virus Corona Wabah Virus Corona Transmisi Lokal Provinsi Papua Barat


Loading...