Otoritas Liga Inggris Mengumumkan Terdapat 6 Orang yang Terjangkit Virus Corona, 'Enam Telah Dinyatakan Positif dari Tiga Klub'

Otoritas Liga Inggris Mengumumkan Terdapat 6 Orang yang Terjangkit Virus Corona, 'Enam Telah Dinyatakan Positif dari Tiga Klub'
(BolaSport.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Rabu, 20 Mei 2020 08:39 WIB

Terasjabar.id - Otoritas Liga Inggris mengumumkan terdapat 6 orang yang terjangkit Virus Corona.

Keenam orang tersebut terdeteksi positif saat dites berbarengan. Sebanyak 748 pemain dan staf harus melakukan tes menjelang latihan perdana.

Keenam orang tersebut berasal dari tiga tim, dan akan menjalani karantina selama 7 hari.

Talsksport menyebut Burnley menjadi tim yang pertama mengidentifikasi stafnya terjangkit virus corona. Dia adalah Ian Woan, sang asisten.

"Liga Inggris hari ini dapat mengkonfirmasi bahwa pada Minggu, 17 Mei dan Senin, 18 Mei, 748 pemain dan staf klub diuji untuk COVID-19," demikian bunyi pernyataan resmi dari Liga Inggris.

"Dari jumlah tersebut, enam telah dinyatakan positif dari tiga klub. Pemain atau staf klub yang telah diuji positif sekarang akan mengasingkan diri sendiri untuk jangka waktu tujuh hari.

"Liga Inggris menyediakan informasi ini untuk tujuan integritas dan transparansi kompetisi.

"Tidak ada rincian spesifik mengenai klub atau individu yang akan disediakan oleh Liga dan hasilnya akan diumumkan kepada publik dengan cara ini setelah setiap putaran pengujian."

Tentu ini menjadi pukulan saat Liga Inggris dipastikan akan kembali digelar pada 12 Juni 2020.

Kepastian jadwal itu merupakan keputusan dari pertemuan antara PFA, Operator Liga Inggris, dan juga pemangku kepentingan bidang kesehatan.

Sedangkan klub-klub Liga Inggris akan kembali menggelar latihan pada 19 Mei 2020.

Para pejabat Liga Inggris, pakar medis, dan perwakilan dari semua 20 klub mengadakan pembicaraan pada hari Senin melalui panggilan konferensi video dan setuju untuk memulai kembali protokol pelatihan.

Program dan protokol tersebut terbagi dalam beberapa tahap.

Tahap satu memungkinkan tim untuk berlatih sambil menjaga jarak tetapi pelatihan dengan kontak langsung belum diizinkan.

CEO Premier League, Richard Masters mengatakan mereka berharap mendapatkan hasil tes COVID-19 batch pertama pada pukul 14:00, Selasa waktu setempat, dan pelatihan tahap pertama bisa dimulai setelah hasil tes keluar.

Pada 12 Juni 2020 ditetapkan sebagai waktu bergulirnya kembali Liga Inggris, namun masih terdapat beberapa pertimbangan seperti kondisi kebugaran dari para pemain.

"Saya pikir begitu Anda tahu kapan Anda bisa memulai pelatihan secara utuh, kami telah melakukan diskusi yang tepat dengan klub mengenai kebugaran para pemain.

"Anda kemudian bisa mengonfirmasi kapan tanggal mulai dimulai kembalinya Liga Inggris adalah 12 Juni 2020," ujar Richard Masters di laman Sky Sports.

"Kami belum mengubah tanggal dimulainya Liga, tetapi kami harus fleksibel tentang hal itu, yang tidak ingin kami lakukan adalah terus memindahkan tanggal mulai itu.

"Jadi, kami belum mengubahnya, tetapi kami harus fleksibel dan mengakui kami sedang dalam proses langkah demi langkah." lanjut Masters.

Sempat terdapat isu mengenai seorang pejabat senior di klub Liga Inggris sempat mengancam bahwa pemain tidak boleh menerima upah mereka jika mereka menolak untuk kembali ke pelatihan.

"Tahap pertama ini telah disepakati melalui konsultasi dengan para pemain, manajer, dokter klub Liga Inggris, pakar independen dan pemerintah.

"Protokol medis ketat dengan standar tertinggi akan memastikan semua orang kembali ke pelatihan di lingkungan yang paling aman.

"Kesehatan dan kesejahteraan semua peserta adalah prioritas Liga Inggris dan pengembalian yang aman ke tempat latihan adalah proses selangkah demi selangkah.

"Konsultasi penuh sekarang akan dilanjutkan dengan para pemain, manajer, klub, PFA dan LMA ketika protokol untuk pelatihan kontak penuh dikembangkan."

Perkembangan positif disampaikan oleh pihak penyelenggara Liga Inggris yang menginformasikan 20 klub peserta telah sepakat untuk kembali menggelar latihan mulai Selasa (19/5/2020) besok sore.

Keputusan penting tersebut telah disepakati oleh semua perwakilan klub dalam rapat pertemuan pemegang saham, Senin (18/5/2020) pagi tadi.

Melalui rapat virtual, semua klub telah sepakat melanjutkan latihan kembali disertai tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Pelatihan yang disebut fase satu tersebut akan menjadi langkah awal agar kompetisi bisa dihelat kembali pada 19 Juni mendatang.

Latihan fase satu tersebut akan memungkinkan para pemain untuk berlatih bersama dalam skala kecil.

Setiap kelompok dimungkinkan akan diisi oleh empat atau lima pemain saja.

Pedoman jarak sosial yang ketat akan tetap dilakukan ketika para pemain menjalani latihan di pusat pelatihan masing-masing.

Pelatihan tahap satu ini direncakan akan bergulir selama dua minggu.


Disadur dari (Tribunnews/Dwi Setiawan/Gigih)

Premier League Pandemi Virus Corona Terpapar


Loading...