Advertisement

Cocok Dinikmati Bersama Keluarga, Ini 8 Makanan Khas Lebaran yang Nikmat dan Lezat

Cocok Dinikmati Bersama Keluarga, Ini 8 Makanan Khas Lebaran yang Nikmat dan Lezat
(Foto: Wowkeren.com)
Editor: Dea Kuliner —Selasa, 19 Mei 2020 16:56 WIB

Terasjabar.id –  Tanpa terasa, bulan Ramadan akan segera berakhir dan umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Ramadan dan lebaran tahun ini memang sedikit berbeda. Karena masyarakat harus melaluinya di tengah Pandemi COVID-19, sehingga berbagai kegiatan yang biasanya dilakukan harus ditunda dulu tahun ini.

Salah satu kegiatan rutin yang tak bisa kita lakukan adalah mudik atau pulang ke kampung halaman. Meski demikian, jangan jadikan hal itu sebagai penghalang bagi kita untuk merayakan lebaran dengan penuh rasa syukur.

Bagi Anda yang tidak bisa mudik tahun ini, ada baiknya untuk menikmati makanan khas lebaran untuk mengobati rasa rindu pada keluarga. Sedangkan bagi Anda yang masih bisa berkumpul dengan keluarga besar, menyantap makanan khas lebaran bersama dijamin bisa bikin makin akrab dengan mereka.

Nah, apa Anda penasaran makanan apa saja yang cocok banget dinikmati saat lebaran? Simak informasinya berikut ini.

1. Ketupat


Ketupat

Makanan khas lebaran pertama yang banyak dicari saat lebaran adalah ketupat. Ketupat atau kupat merupakan makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus di dalam anyaman kelapa muda (janur). Tak hanya ada pada saat hari H, ketupat biasanya masih ada sampai lima hari setelah lebaran.

Ketupat memiliki banyak makna simbolik. Anyaman kulitnya yang rumit dan saling timpang tindih mencerminkan perjalanan hidup yang sering diwarnai dengan kesulitan dan masalah. Sedangkan tali anyamannya yang tidak terputus menggambarkan pentingnya menyambung tali silaturrahmi.

Dalam bahasa Jawa, ketupat atau kupat merupakan singkatan dari Ngaku Lepat yang berarti mengakui kesalahan. Konon istilah ini digunakan oleh Sunan Kalijaga untuk mensyiarkan ajaran Islam di Pulau Jawa yang pada saat itu masih banyak masyarakat meyakini kesakralan ketupat. Akhirnya, ketupat menjadi makanan yang selalu ada saat masyarakat saling meminta maaf dan mengakui kesalahan ketika lebaran tiba.

2. Opor Ayam


Opor Ayam
https://www.unileverfoodsolutions.co.id/

Makanan khas lebaran berikutnya adalah opor ayam yang biasa kita nikmati bersama ketupat maupun nasi. Makanan satu ini sangat terkenal di hampir seluruh wilayah Indonesia. Tak hanya dinikmati saat lebaran, opor ayam juga sering dikonsumsi sebagai menu harian.

Opor ayam merupakan makanan berkuah yang dibuat dari daging ayam yang telah direbus dalam kuah santan. Sedangkan kuah santannya sendiri terbuat dari santan kelapa dan campuran rempah seperti serai, kencur, kunyit dan garam. Karena itulah opor ayam memiliki citarasa gurih dan nikmat.

3. Rendang


Rendang
https://resepkoki.id/

Makanan asal Padang yakni rendang juga biasa dinikmati saat lebaran tiba. Tak hanya disukai oleh masyarakat Sumatera, rendang kini menjadi makanan favorit dari banyak masyarakat Indonesia dari berbagai wilayah. Kuliner satu ini bahkan pernah terpilih sebagai makanan terenak di dunia versi CNN Internasional pada tahun 2011.

Rendang biasanya terbuat dari daging sapi atau kerbau yang dinasak dengan berbagai macam rempah dan santan kental. Bumbu yang digunakan antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Karena perpaduan bahan tersebut, rendang memiliki citarasa khas yang didominasi dengan rasa asin, manis dan gurih. Karena kelezatannya inilah rendang sering jadi menu pilihan saat lebaran tiba.

4. Sayur Lodeh


Sayur Lodeh
https://resepkoki.id/

Sayur lodeh juga banyak ditemui di rumah keluarga Muslim saat lebaran tiba. Lodeh merupakan masakan sayur dengan kuah santan yang berasal dari Jawa Tengah. Lodeh disukai banyak orang karena mudah diolah dan memiliki rasa yang nikmat. Rasa ini didapat dari campuran bahannya antara lain labu siam, kacang panjang terong, tempe, cabai hingga potongan daging ayam.

Selain lezat, lodeh juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan khususnya untuk pencernaan tubuh. Kandungan seratnya yang tinggi sangat baik untuk mengimbangi proses metabolisme tubuh ketika Anda mengkonsumsi banyak makanan berlemak saat lebaran.

5. Semur Daging


Semur Daging
Instagram/niladriana

Makanan lain yang sering ditemui saat lebaran adalah semur daging. Hidangan ini terbuat dari bahan daging yang direbus dan diolah dengan kuah berwarna cokelat pekat. Bahan kuahnya sendiri terdiri dari bawang merah, bawang putih, kecap dan berbagai rempah lain.

Selain daging sapi, semur biasanya juga berisi daging ayam, telur, kentang, tempe, tahu, ikan dan bahan lain sesuai selera. Jika Anda menambahkan telur, maka Anda akan mendapatkan beragam manfaatnya. Sebab telur yang direbus dalam semur sangat baik untuk menambah stamina tubuh.

6. Sambal Goreng Kentang Ati


Sambal Goreng Kentang Ati
Instagram/kitcheninstaa

Tidak dapat dipungkiri jika banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai sambal. Salah satu varian sambal adalah sambal goreng kentang ati. Sambal ini terbuat dari kentang dan ati rempela yang telah dipotong dadu. Biasanya, ada juga yang menambahkan potongan wortel dan petai.

Sambal goreng kentang ati biasanya dinikmati bersama nasi dan kerupuk udang. Karena perpaduan tersebut, makanan ini memiliki citarasa pedas, manis dan gurih. Tapi bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi, sebaiknya batasi konsumsi makanan ini karena komposisi jeroannya yang cukup banyak.

7. Gulai Sayur


Gulai Sayur
https://resepkoki.id/

Jika Anda merasa bosan dengan masakan berkuah yang berbahan daging, maka gulai sayur bisa menjadi alternatif. Makanan ini memiliki sensasi kuah santan yang nikmat ditambah dengan segarnya sayuran hijau di dalamnya. Karena itulah gulai sayur juga menjadi pilihan makanan yang paling banyak dicari saat lebaran.

Sayuran yang digunakan dalam makanan ini biasanya adalah daun singkong, bayam, nangka, daun pakis dan berbagai sayuran hijau lainnya. Sedangkan rempah yang dibutuhkan untuk membuat bumbunya adalah santan, kunyit, bawang, lengkuas, jahe dan ketumbar. Dengan perpaduan ini, gulai sayur yang gurih dan lezat tercipta.

8. Sate Ayam


Sate Ayam
https://www.unileverfoodsolutions.co.id/

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan sate ayam. Ya, makanan yang terbuat dari potongan daging ayam yang ditusuk, dibakar dan dilumuri dengan sambal kacang ini menjadi kuliner favorit banyak orang. Karena rasa lezat dan gurihnya, sate ayam juga banyak dicari saat lebaran tiba. Apalagi jika Anda membuatnya sendiri bersama keluarga besar di rumah, dijamin lebih seru!

Demikian delapan makanan khas lebaran yang telah tim rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan berkuah yang cocok disantap saat berbuka puasa. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kue kering yang populer saat lebaran.

(Wowkeren.com)

Cocok Dinikmati Bersama Keluarga Ini 8 Makanan Khas Lebaran yang Nikmat dan Lezat


Related Post


 


Loading...