Advertisement

MUI Kota Bandung Mengajak Masyarakat Untuk Melaksanakan Salat Idul Fitri di Rumah Masing - Masing Bersama Keluarga

MUI Kota Bandung Mengajak Masyarakat Untuk Melaksanakan Salat Idul Fitri di Rumah Masing - Masing Bersama Keluarga
(iNews/Billy : Google)
Editor: Epenz Teras Bandung —Selasa, 19 Mei 2020 12:41 WIB

Terasjabar.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung mengajak masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing bersama keluarga. Hal tersebut perlu dilakukan seiring dengan masih mewabahnya virus corona (Covid-19) di Kota Bandung.

Ketua MUI Kota Bandung Miftah Faridl mengatakan, imbauan ini sejalan dengan arahan melalui Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat pandemi Covid-19, serta anjuran protokol kesehatan di wilayah zona merah.

"Kami mengajak masyarakat untuk menaati protokol kesehatan di masa pandemi, terutama di zona merah termasuk Kota Bandung. Kami mengimbau salat Idul Fitri dilaksanakan di rumah masing-masing dengan keluarga," katanya, di Bandung, Selasa (19/5/2020).

Imbauan MUI berkenaan dengan peniadaan kerumunan warga untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Menurut Miftah, pelaksanaan salat berjemaah secara massal di tempat terbuka berisiko tinggi terjadi penularan Covid-19, terlebih saat ini ada orang tanpa gejala (OTG) yang tidak mengetahui kondisi dirinya.

"Penularan bisa datang dari siapa pun kita tidak bisa menduga. Atau jangan-jangan kita yang membawa virus. Selain itu menjaga tidak terjadi kerumunan kan sulit kalau sudah bertemu, jadi lebih baik menghindari," ujarnya.

Miftah juga meyakinkan jika ada keraguan masyarakat soal salat Idul Fitri dilaksanakan di rumah. "Salat Idul Fitri di rumah cara pelaksanaannya sama, insya Allah pahalanya juga sama," ujarnya.

Meski demikian jika nantinya ada masyarakat yang bersikukuh ingin tetap menggelar salat Idul Fitri berjemaah secara massal, MUI Kota Bandung meminta kepada para ulama serta aparat di tingkat kewilayahan memberikan pemahaman secara baik, untuk mematuhi protokol kesehatan pandemi.

Disadur dari iNews.id

MUI Kota Bandung Salat Idul Fitri Pandemi Virus Corona Kota Bandung


Related Post



Loading...