Pemkab Jayapura Berniat Mengembalikan Kejayaan Kakao, 'Kita Sudah Mulai Bekerja'

Pemkab Jayapura Berniat Mengembalikan Kejayaan Kakao, 'Kita Sudah Mulai Bekerja'
(Sindonews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 19 Mei 2020 10:40 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kabupaten Jayapura berniat mengembalikan kejayaan kakao di wilayah tersebut. Sebanyak 5.000 tanaman bibit Kakao dibagikan kepada petani di kampung Yokiwa.

"Kita mulai mengembangkan kakao, harapan kita bisa menghidupkan kembali kejayaan kakao, kita sudah mulai bekerja," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, Dodi Samyana, Selasa (19/5/2020).

Dia mengatakan, saat ini ada beberapa wilayah di Kabupaten Jayapura yang sudah mulai mengembangkan tanaman kakao. Pengembangan Kakao ini akan dilakukan secara bertahap di wilayah potensial.

Bupati Jayapura juga sudah menyerahkan bibit tanaman kakao sebanyak 5.000 anakan untuk pengembangan tanaman kakao di wilayah kampung Yokiwa. Bibit ini untuk program replanting atau mengganti kembali tanaman kakao yang rusak.

"Ini untuk program replanting kembali tanaman kakao yang sebelumnya sudah rusak akibat hama itu," ujarnya.

Untuk program replanting ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan lahan yang ada di masing-masing petani kakao di Kampung Yokiwa.

Guna mendukung program replanting tersebut pihaknya juga menyerahkan sejumlah alat pertanian kecil berupa Parang, sekop dan beberapa peralatan lainnya yang akan digunakan oleh para petani Pada saat memulai pekerjaannya.

"Kami juga menyiapkan biaya penanamannya karena kita arahkan semuanya padat karya," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pemkab Jayapura Pandemi Virus Corona Kejayaan KAkao


Loading...