Kapolda Kalimantan Selatan Menggandeng MUI Kalsel Untuk Mencegah Penyebaran Virus corona

Kapolda Kalimantan Selatan Menggandeng MUI Kalsel Untuk Mencegah Penyebaran Virus corona
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 19 Mei 2020 09:13 WIB

Terasjabar.id - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalsel, untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Peran ulama sangat dominan menyatukan suara dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kondisi masyarakat Kalimantan Selatan yang sosiologis agamisnya sangat kuat, sehingga peranan ulama atau tokoh agama sangat dominan di tengah masyarakat saat Covid-19 ini," kata Nico di Banjarmasin, Selasa (19/5/2020).

Sebelumnya, Irjen Pol Nico Afinta bersilaturahim ke pengurus MUI Kalsel di Banjarmasin, Senin (18/5/2020). Nico mengatakan, peranan MUI untuk menyamakan persepsi di masyarakat sangat diharapkan.

Untuk itu, kata dia, diperlukan koordinasi terkait pemetaan daerah rawan oleh Ketua MUI, Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19, sehingga dapat mengambil kebijakan terkait Fatwa MUI Nomor 28.

Di sisi lain, kedatangan Nico selaku Kapolda baru dimaksudkannya untuk memohon doa ke ulama agar dalam menjalankan tugas di Kalsel berjalan dengan aman dan lancar.

"Silaturahmi ini bertujuan mempererat hubungan emosional antar lembaga. Selain itu, agar tercipta sinergisitas dan iklim kondusif yang optimal di segala bidang sosial ekonomi untuk Kalsel yang makmur bermartabat dengan jiwa semangat kekeluargaan dan gotong royong," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua MUI Kalsel Prof H Hafiz Anshary mengaku jika pihaknya mendukung penuh segala kegiatan dan kebijakan dari Polda Kalsel yang selama ini kerja sama sudah lama terjalin baik untuk kemaslahatan umat.

"Kami berbangga hati, Kapolda Kalsel berkesempatan hadir pada Ramadhan. Semoga menjadi bulan berkah untuk kepemimpinan Kapolda di Bumi Lambung Mangkurat," ucap Hafiz Anshary.

Nico juga bertandang ke Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalsel di Banjarmasin. Dia menyampaikan tiga program dari Mabes Polri yaitu tentang penanganan Covid-19, karhutla dan Pilkada Kalsel yang akan segera dilaksanakan.

Ketua PW Muhammadiyah Kalsel, Tajuddin Noor menyatakan siap mendukung setiap kebijakan dari program Kapolda. "Muhammadiyah Kalsel sudah membangun comand center untuk COVID-19 serta sudah ada relawan dari mahasiswa Muhammadiyah Banjarmasin yang terlibat," ujarnya.

Disadur dari iNews.id

Kapolda Kalimantan Selatan MUI Pandemi Virus Corona


Loading...