Gugus Tugas: Salat Id Berjemaah Potensi Terpapar Covid-19 dari Jemaah Tak Bergejala

Gugus Tugas: Salat Id Berjemaah Potensi Terpapar Covid-19 dari Jemaah Tak Bergejala
Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
Editor: Admin Hot News —Senin, 18 Mei 2020 15:58 WIB

Terasjabar.id –  Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mewanti-wanti masyarakat yang nekat ikut Salat Id secara berjamaah. Sebab, risiko terpapar Covid-19 atau virus corona dari jemaah yang tidak bergejala sangatlah besar.

"Kami dapat laporan beberapa daerah masih ada masyarakat selenggarakan ibadah. Mohon dimaklumi ini menimbulkan risiko apabila masyarakat melakukan pertemuan di tempat ibadah maupun tempat publik," kata Doni Monardo dalam video conference usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (18/5).

Doni mengaku pihaknya telah menjelaskan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait risiko apabila masyarakat melaksanakan ibadah salat Id berjemaah. Menurut dia, masyarakat berpotensi terpapar virus corona dari Orang Tanpa Gejala (OTG).

Pasalnya, OTG tidak memiliki gejala demam ataupun batuk serta menganggap dirinya sehat namun positif virus corona. Mereka lebih rentan menularkan virus corona ke masyarakat, khususnya kelompok usia tua dan yang memiliki penyakit comurbid.

"Kekhawatiran kita kalau orang yang terpapar positif covid tapi tidak bergejala, itu yang menimbulkan penularan. Apabila ini menukarkan ke pihak lain adalah kelompok rentan maka risikonya sangat tinggi menimbulkan kematian," jelas Doni.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyarankan agar umat Islam melaksanakan salat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah di rumah masing-masing.

"I urge Muslims to carry out the Salat Id at home with the nuclear family. This is part of our empathy and commitment as religious people, in handling Covid-19," Minister of Fachrul's message via a press release was received on Wednesday (5/13).

(Merdeka.com)

Gugus Tugas: Salat Id Berjemaah Potensi Terpapar Covid-19 dari Jemaah Tak Bergejala


Loading...