Bikin Heboh, Pasien Positif Corona Jalan-jalan di Pasar Kaget di Bandung

Bikin Heboh, Pasien Positif Corona Jalan-jalan di Pasar Kaget di Bandung
Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Editor: Admin Teras Bandung —Senin, 18 Mei 2020 14:22 WIB

Terasjabar.id –  Pasien yang positif terinfeksi corona berkeliaran di pasar kaget wilayah Pasirbiru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung pada Minggu (17/5) lalu. 

Dilansir dari Kumparan.com, Camat Cibiru Didin Dirkayuana membenarkan peristiwa tersebut. Menurut dia, di Cibiru terdapat delapan pasien yang positif terinfeksi dan selalu dipantau oleh gugus tugas kewilayahan setempat.

Namun demikian, Didin mengakui ada satu pasien yang positif terinfeksi berkeliaran. Dia pun mengaku sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menangani pasien itu.

Adapun letak kediaman pasien dan pasar kaget yang didatanginya hanya berjarak sekitar 100 meter.

"Ada satu orang yang memang positif itu dia berkeliaran," kata dia ketika dikonfirmasi, Senin (18/5).

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Didin lantas mendatangi kediaman pasien itu dan pasien itu pun mengakui dirinya pergi ke pasar membeli buah-buahan.

Jika masih mengabaikan aturan, dia bakal segera merujuk pasien yang belum diketahui identitasnya tersebut untuk menjalani isolasi di rumah sakit.

 Check point di Bunderan Cibiru, PSBB Bandung
Petugas berjaga di salah satu check point di Bunderan Cibiru, pemeriksaan dilakukan terhadap pengguna jalan yang memasuki Kota Bandung. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan

"Kalau memang masih membandel maka saya sesuai kewenangan saya sebagai ketua gugus COVID-19 akan mengamankan yang bersangkutan ke rumah sakit atau ke mana lah," ucap dia.

Didin tidak mengetahui secara pasti jumlah orang yang berinteraksi dengan pasien tersebut sebab dirinya baru menerima laporan pada siang hari atau beberapa jam setelah kejadian.

Meski didatangi oleh pasien positif, dia memastikan, warga yang berada di pasar kaget tidak seluruhnya otomatis berstatus dalam pemantauan (ODP).

"Tapi dari informasi yang positif itu dia hanya membeli buah-buahan katanya karena jalan jauh juga dia sesak. Buah-buahan itu memang gak terlalu jauh dari rumahnya," terang dia.

Lebih lanjut, Didin mengatakan, pasien itu dipastikan menggunakan masker ketika mendatangi pasar tapi tidak mengenakan sarung tangan. 

Diketahui, pasien tersebut memiliki penyakit penyerta yakni diabetes. Saat berjalan jauh, pasien itu mengakui merasa sesak napas.

"Iya, dia pakai masker tapi kalau sarung tangan dia kayanya enggak," tandas dia.

Bikin Heboh Pasien Positif Corona Jalan-jalan di Pasar Kaget di Bandung Kecamatan Cibiru


Loading...