Jelang Perayaan Lebaran 2020, Kondisi Terkini di Bandara Soekarno-Hatta Tampak Kondusif

Jelang Perayaan Lebaran 2020, Kondisi Terkini di Bandara Soekarno-Hatta Tampak Kondusif
(Suara.com/Stephanus Aranditio : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 18 Mei 2020 07:55 WIB

Terasjabar.id - Kondisi terkini di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten tampak kondusif pada Senin (18/5/2020) pagi. Calon penumpang nampak mulai memahami protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah agar bisa berjalan baik.

Pantauan Suara.com di terminal 2 Bandara Soetta sekitar pukul 06.30 WIB tampak tidak ada antrean calon penumpang jelang perayaan Lebaran yang hanya tinggal menghitung hari.

Hanya terlihat antrean tak lebih dari 3 orang yang berbaris di atas garis penanda jarak kurang lebih 1-2 meter.

Mereka mengantre untuk pemeriksaan dokumen persyaratan izin terbang yang telah ditentukan dalam Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 dan SE Menteri Perhubungan (Menhub) Nomor 31 Tahun 2020.

Tampak pula petugas gabungan dari Avsec (Aviation Security) dan TNI-Polri juga bersiaga menjaga agar protokol kesehatan tetap ditaati oleh setiap calon penumpang.

PT Angkasa Pura II juga telah menegaskan bahwa maskapai wajib membatasi penjualan tiket maksimal 50 persen dari total kapasitas kursi pesawat.

Terminal 2 Soekarno-Hatta juga dilakukan pembatasan penerbangan menjadi hanya 5 penerbangan per jam.

Calon penumpang harus melalui 4 pos pemeriksaan (checkpoint) yang dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan sebelum naik pesawat.

Checkpoint I melakukan verifikasi dokumen perjalanan, checkpoint II pemeriksaan dokumen dan fisik terkait kesehatan, checkpoint III untuk validasi seluruh dokumen, terakhir checkpoint IV melakukan check in untuk mendapat boarding pass.

Adapun syarat yang harus dipenuhi penumpang untuk terbang antara lain tiket, surat keterangan negatif covid-19 berdasarkan rapid test atau PCR test, dan surat pengantar dari kantor atau aparat setempat.

PNS, TNI, dan Polri bisa menyertakan surat pengantar dinas dari institusi masing-masing sebagai kelengkapan dokumen perjalanan. Sementara untuk pekerja swasta bisa menyerahkan pengantar dari RT atau RW setempat.

Diketahui, Bandara Soetta kembali beroperasi untuk kepentingan tertentu sejak pemerintah mengeluarkan SE Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 4/2020 dan SE Menhub Nomor 31/2020.

Namun satu pekan setelah diberlakukan aturan itu, sempat terjadi penumpukan penumpang di terminal 2 pada Kamis (14/5/2020) kemarin, penumpukan terjadi di posko pemeriksaan syarat terbang.


Disadur dari Suara,com

Pandemi Virus Corona Bandara Soekarno-Hatta Pemudik Hari Raya Lebaran


Loading...