Pemkot Sawahlunto Mulai Mengambil Sampel Tes Swab Terhadap 1.600 Warga, Memastikan Bebas dari Serangan Virus Corona

Pemkot Sawahlunto Mulai Mengambil Sampel Tes Swab Terhadap 1.600 Warga, Memastikan Bebas dari Serangan Virus Corona
Ilustrasi (Grid.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 17 Mei 2020 13:41 WIB

Terasjabar.id – Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) mulai mengambil sampel tes swab terhadap 1.600 warga. Hal ini dilakukan untuk memastikan Sawahlunto bebas dari serangan virus corona atau Covid-19.

Walikota Deri Asta mengatakan, pengambilan sampel ini dilakukan dengan metode swab polymerase chain reaction (PCR).

“Pengambilan dilakukan secara acak pada petugas dan masyarakat berisiko terpapar Covid-19untuk menelusuri serta memastikan kota ini benar-benar bebas dari Covid-19,” kata Deri seperti dilansir dari laman topsatu.com, Minggu (17/5/2020).

Hingga kini, kata Deri, Sawahlunto, Kota Solok dan Sijunjung di Sumatra Barat masih bebas dari serangan virus corona atau disebut zona hijau.

Pemeriksaan tahap awal, lanjut Deri, diambil 50 sampel dan tahap kedua 56 sampel, selanjutnya 500 sampel.

“Total seluruhnya yang akan diambil 1.600 sampel,” kata dia.

Lebih lanjut Deri mengatakan, 1.600 orang yang dites terdiri dari petugas di posko perbatasan, petugas puskesmas yang melakukan pelayanan ODP dan Petugas UGD rumah sakit.

“Kemudian masyarakat yang masih pulang pergi ke daerah terjangkit covid-19 atau zona Merah. Pedagang pasar berisiko dan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit,” katanya.

Sampel ini, kata dia, diambil berdasarkan wilayah kerja puskesmas. Pelaksanaan dilakukan mulai Minggu (17/5/2020) hingga Rabu (20/5/2020).

“Hasil sampel ini akan dijadikan pertimbangan mengambil kebijakan selanjutnya. Bisa saja nanti kita menggelar salat Id,” katanya.

Disadur dari iNews.id

Pemkot Sawahlunto Sumbar Tes Swab Pandemi Virus Corona


Loading...