Anies Tegaskan Tak Ada Pelonggaran PSBB hingga Penularan Corona di Bawah 1%

Anies Tegaskan Tak Ada Pelonggaran PSBB hingga Penularan Corona di Bawah 1%
Tirto.id
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 16 Mei 2020 13:11 WIB

Terasjabar.id 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta tidak akan melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga angka penularan virus Corona di bawah angka 1 persen. Anies menyebut saat ini Ibu Kota masih dalam suasana pengetatan.

"Saya tidak bisa katakan berapa hari, berapa minggu, saya rasa tidak ada yang bisa mengatakan itu. Tapi kita percayakan pada pendekatan sains, nih. Para epidemiologis ngitung terus, monitor, begitu angkanya 0,7 atau 0,8, kita sudah mulai lega nih dan pada saat itu kita insyaallah mulai easy, mulai melonggarkan (PSBB)," kata Anies dalam dialog dengan Ben Soebiakto di acara Live Stream Fest Vol 3, Sabtu (16/5/2020).

Saat ini penularan COVID-19 di Jakarta, menurut Anies, sudah di angka 1 persen, sehingga pihaknya akan menunggu penurunan hingga 0,4 persen.


"Nah, kita ini sudah di 1, tinggal turunnya 0,3 atau 0,4 lagi nih, terusin," ungkapnya.

Namun, untuk menurunkan angka penularan itu, kata Anies, perlu kolaborasi semua pihak. Dia meminta warga tetap berada di rumah beberapa bulan ke depan.

"Ini yang membutuhkan kolaborasi semua pihak. Tidak cukup hanya penegakan hukum. Di Jabodetabek lebih dari 25 juta orang, jadi pengendaliannya harus dengan kesadaran, apakah kita mau tetap berada di rumah berbulan-bulan ke depan atau pengin cepat selesai di rumahnya, pengin kembali normal. Kalau pengin cepat kembali normal, kita disiplinkan beberapa waktu lagi," ungkapnya.

Anies mengatakan pihaknya belum bisa memprediksi kapan pelonggaran itu akan dilakukan. Dia menyebut penyebaran virus Corona bukan sesuatu yang bisa dijadwalkan.

"Karena kita harus mengandalkan pada sesuatu yang bisa kita lihat dan bukan sesuatu yang ada jadwalnya. Misalnya seperti Lebaran, yang bisa Lebaran kan manusia, kalau virusnya nggak ada Lebaran, kita berkumpul di banyak orang yang dia menular. Kita tidak berkumpul ya tidak menular," jelasnya.


Dengan demikian, Anies meminta warganya tidak terbawa wacana pelonggaran. Anies kemudian menegaskan Jakarta masih dalam pengetatan PSBB.

"Saya sampaikan kepada semua, jangan terbawa wacana pelonggaran saat ini. Ini kita masih suasana pengetatan," tutur Anies.(Detik)

Virus Corona DKI Jakarta Covid 19 Pandemi Global Anies Baswedan


Loading...