'Kapok' Hadapi Antrean Mengular Saat Pandemi Corona, Bandara Soetta Lakukan Langkah Antisipasi Ini

'Kapok' Hadapi Antrean Mengular Saat Pandemi Corona, Bandara Soetta Lakukan Langkah Antisipasi Ini
(Foto: Wowkeren.com)
Editor: Admin Hot News —Jumat, 15 Mei 2020 14:58 WIB

Terasjabar.id – Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, sempat menuai sorotan usai foto-foto penumpukan penumpangnya beredar di media sosial. Antrean penumpang di Bandara Soetta pada Kamis (14/5) kemarin tampak mengular dan tidak ada penerapan physical distancing di tengah pandemi corona (COVID-19).

Seakan "kapok" menghadapi antrean mengular tersebut, Bandara Soetta lantas melakukan perubahan jalur pemeriksaan berkas izin perjalanan pada Jumat (15/5) hari ini. Terpantau, pos pemeriksaan calon penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta telah tersedia di pintu masuk keberangkatan.

Jalur di pos pemeriksaan tersebut juga telah diubah menjadi satu garis lurus, tidak berjajar ke samping seperti kemarin. Di jalur awal tersebut, ada 2 pos yang digunakan untuk memeriksa berkas izin penerbangan calon penumpang. Setiap pos tampak dijaga masing-masing 2 orang petugas.

Setelah melalui pos pemeriksaan berkas tersebut, calon penumpang lanjut melapor ke pos pemeriksaan KKP Bandara. Di sana, para calon penumpang menjalani tes kesehatan.

Selain itu, pihak bandara juga telah menandai lantai di jalur pemeriksaan dengan garis hitam kuning untuk menerapkan physical distancing. Para calon penumpang di pos pemeriksaan awal dan pos pemeriksaan kesehatan di area Terminal 2 tampak berbaris rapi dan menjaga jarak mereka masing-masing.

Excecutive General Manager Internasional Bandara Soekarno Hatta, Agus Haryadi, membenarkan bahwa pihaknya telah mengubah manajemen antrean calon penumpang. Agus menjelaskan bahwa pos pemeriksaan telah disediakan sebelum penumpang memasuki area dalam Terminal 2.

"Ada beberapa hal yang telah kita lakukan. Jadi hari ini pertama ada remodelling manajemen antrean. Kita ubah, kita bagi menjadi tiga cluster. Cluster pertama begitu calon penumpang turun di area doorzone sudah kita atur. Di situ sudah jalur dan kemudian sudah ada titik pemeriksaan tingkat pertama yaitu pemeriksaan berkas," tutur Agus dilansir dari detikcom pada Jumat (15/5). "Clear di situ masuk ke zona kedua. Di area dalam area keberangkatan. Kemarin kan bertumpuknya di situ. Nah di situ kita atur lagi. Flow-nya kita buat lurus tidak mengular. Kalau Sekarang kita atur sign tanda-tanda antrean. Sistem line-nya sekarang lurus. Di situ ada pemeriksaan tahap kedua kesehatan dari KKP Bandara."

Menurut Agus, penumpang dipersilakan lanjut ke area check in hole usai melakukan pemeriksaan di 2 pos tersebut. Setelah itu, para penumpang boarding ke pesawat.

Agus sendiri yakin bahwa perubahan manajemen antrean ini akan bisa mengurangi kepadatan penumpang. Sistem jalur pemeriksaan ini juga akan terus digunakan di Bandara Soetta.

"Hari ini berjalan lancar dari pantuan di jam awal golden time," pungkas Agus. "Kelihatannya dari evaluasi ini akan kita teruskan dan akan hari esok akan kita lalukan pola yang sama."

(Wowkeren.com)

'Kapok' Hadapi Antrean Mengular Saat Pandemi Corona Bandara Soetta Lakukan Langkah Antisipasi Ini Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng


Loading...