Jelang Masa Mudik Lebaran, Pemerintah Perketat Check Point PSBB

Jelang Masa Mudik Lebaran, Pemerintah Perketat Check Point PSBB
Penampakan petugas gabungan saat memeriksa pengendara di check point Pasar Rebo, Jaktim. (Suara.com/Bagaskara)
Editor: Admin Hot News —Jumat, 15 Mei 2020 14:27 WIB

Terasjabar.id –  Kurang lebih sembilan hari lagi umat muslim akan merayakan hari raya Idulfitri. Untuk mengantisipasi adanya lonjakan pemudik di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19, pemerintah akan memperketat pengawasan.

Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, maka masyarakat diminta untuk tidak melakukan mudik sebagai bentuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Namun, tak sedikit masyarakat yang nekat untuk mudik demi merayakan hari raya Idul Fitri.

Juru bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, akan dilakukan pengetatan di titik pengecekan yang terletak di jalan tol maupun non tol.

"Yang jelas akan dilakukan pengetatan di check point sepanjang jalan tol dan jalan nasional juga penguatan tim gabungan," kata Adita saat dihubungi wartawan, Jumat (15/5/2020).

Adita menjelaskan, rapat koordinasi sudah dilakukan dengan melibatkan unsur kepolisian, TNI, pemerintah daerah, kementerian atau lembaga, hingga pengelola jalan tol. Rapat koordinasi tersebut, jelasnya, dilakukan untuk mengantisipasi warga yang nekat mudik.

Pengetatan pengawasan tersebut juga dilakukan oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya. Pihaknya akan memperketat pengawasan dan penyekatan di titik yang menjadi akses masuk dan keluar Jabodetabek jelang Lebaran 2020.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pengetatan itu disiapkan atas dasar prediksi peningkatan jumlah pemudik yang berupaya keluar dari Jabodetabek meski pemerintah masih memberlakukan larangan mudik.

"Beberapa pengamat mengatakan bahwa ada peningkatan arus mudik khususnya pada tanggal 21 (Mei) karena itu hari libur, empat hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, dengan semakin mendekat Hari Raya Idul Fitri semakin banyak pemudik, tentu saja kami akan meningkatkan kewaspadaan di titik penyekatan, akan semakin ketat," kata Sambodo di Mako Polda Metro Jaya, Kamis (14/5/2020).

(Suara.com)

Jelang Masa Mudik Lebaran Pemerintah Perketat Check Point PSBB


Loading...