Untuk Mencegah Terulangnya Penumpukan Penumpang di Bandara Soekarno - Hatta, Frekuensi Penerbangan Dibatasi

Untuk Mencegah Terulangnya Penumpukan Penumpang di Bandara Soekarno - Hatta, Frekuensi Penerbangan Dibatasi
(iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 15 Mei 2020 12:52 WIB

Terasjabar.id - PT Angkasa Pura II (Persero) akan menerapkan pembatasan frekuensi penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, khususnya Terminal 2 dan 3. Hal itu untuk mencegah terulangnya penumpukan penumpang.

Pembatasan penerbangan merupakan salah satu dari tiga strategi AP II yang dilakukan untuk memastikan jaga jarak diterapkan selama pandemi Covid-19. Dua strategi lainnya yaitu menata sistem antrean dan membatasi penumpang maksimal 50 persen dari total kapasitas kursi pesawat.

"Kami telah melakukan evaluasi dan kemudian mengimplementasikan kebijakan baru, pada pagi hari ini, 15 Mei 2020, proses keberangkatan penumpang di rute domestik berjalan lancar di Soekarno-Hatta, baik itu di Terminal 2 dan 3," kata President Director AP II, Muhammad Awaluddin, Jumat (15/5/2020).

Awaldudin mengatakan, semua stakeholde sepakat mengurangi slot penerbangan menjadi hanya 5-7 jam penerbangan per jam. Selama pandemi, penerbangan di Bandara Soetta sekitar 200 penerbangan per hari.

Selain itu, maskapai sepakat hanya akan mengangkut penumpang tidak lebih dari 50 persen. Hal ini sesuai dengan Permenhub Nomor 18 tahun 2020.

"Pembatasan slot penerbangan per jam dan maksimal 50 persen, jumlah penumpang yang diangkut pada setiap penerbangan cukup vital juga dalam menjaga kelancaran dan physical distancing saat proses keberangkatan,” ujar Awaluddin.

AP II juga membagi sistem antrean penumpang menjadi empat posko. Posko pertama untuk memverifikasi dokumen calon penumpang. Posko kedua sebagai tempat penumpang mengisi dokumen kartu kewaspadaan kesehatan (HAC) dan formulir epidemiologi, serta pengukuran suhu tubuh.

Setelah itu calon penumpang memasuki pos pemeriksaan pertama (SCP I) untuk kemudian dilakukan verifikasi surat kesehatan dan dilakukan tes kesehatan oleh personel Kantor Kesehatan Pelabuhan. Kemudian calon penumpang menuju konter check-in untuk verifikasi seluruh dokumen dan memproses check-in.

"Melalui sistem antrean yang baru ini, flow penumpang pagi ini sangat lancar ketika memproses keberangkatan domestik di Terminal 2. Secara umum, prosedur keberangkatan domestik juga sama dilakukan di Terminal 3 hanya saja dilakukan penyesuaian sesuai dengan bentuk terminal. Kami berharap situasi ini tetap terjaga,” ujarnya.

Disadur dari iNews.id

PT Angkasa Pura II Virus corona Wabah Virus Corona Bandara Soekarno-Hatta


Loading...