Penumpukan Penumpang di Bandara Soetta, Gugus Tugas Meminta Agar Tetap Mengikuti Protokol Kesehatan Pencegahan Virus Corona

Penumpukan Penumpang di Bandara Soetta, Gugus Tugas Meminta Agar Tetap Mengikuti Protokol Kesehatan Pencegahan Virus Corona
(Suara.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 15 Mei 2020 09:26 WIB

Terasjabar.id - Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan koordinasi dengan pihak pengelola Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II terkait penumpukan penumpang yang terjadi pada Kamis (14/5/2020) kemarin pagi.

Gugus Tugas meminta PT AP II agar tetap maksimal menjaga situasi bandara tetap kondusif dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang sudah ditetapkan Kementerian Kesehatan.


Petugas medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno Hatta melakukan pengecekan kesehatan calon penumpang sebelum melakukan penerbangan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (7/5). . [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Petugas medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno Hatta melakukan pengecekan kesehatan calon penumpang sebelum melakukan penerbangan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (7/5/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

"Jaga jarak antarpenumpang perlu diperhatikan oleh setiap individu apabila di ruang publik. Gugus Tugas Nasional menekankan pada protokol kesehatan dalam pelayanan publik," tulis keterangan Gugus Tugas Nasional, Jumat (15/5/2020).

Selain itu, Gugus Tugas juga meminta calon penumpang agar datang 3-4 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat untuk menghindari penumpukan penumpang saat pemeriksaan persyaratan kesehatan di posko Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebelum masuk ke terminal bandara.

Calon penumpang juga diminta untuk menyiapkan dokumen persyaratan yang diatur pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid–19 sebelum berangkat ke bandara.

"Salah satu poin yang dihasilkan dalam koordinasi yakni imbauan kepada para calon penumpang pesawat untuk tiba 3–4 jam di bandara sebelum keberangkatan pada situasi PSBB ini," lanjutnya.

Pihak AP II juga akan membuat penunjuk arah atau penanda menuju Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara dan menurunkan petugas untuk mengawasi pelaksanaannya di lapangan.   Di samping itu, Gugus Tugas juga meminta maskapai penerbangan untuk mematuhi ketentuan bahwa penjualan tiket penumpang dengan persentase 50 persen dari kapasitas jumlah kursi penumpang di pesawat.

Sebelumnya pada Kamis (14/5/2020), terjadi penumpukan di Terminal 2E Bandara Soetta pada pukul 06.00 hingga 07.00 WIB, pada rentan waktu itu terdapat 12 penerbangan, antrian tampak hingga pukul 08.00 WIB dan mulai terkendali pada pukul 08.30 WIB.


Disadur dari Suara.com 

Virus Corona Wabah Virus Corona PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta


Loading...