Mulut Kering Saat Berpuasa Bikin Bau, Apa Solusinya?

Mulut Kering Saat Berpuasa Bikin Bau, Apa Solusinya?
Ilustrasi bau mulut (Pixabay/ Mudassar Iqbal)
Editor: Admin Hot News —Kamis, 14 Mei 2020 15:30 WIB

Terasjabar.id –  Saat berpuasa salah satu hal yang sering dikhawatirkan orang adalah masalah bau mulut. Meski telah menyikat gigi setelah sahur dan tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam, tapi mulut masih saja bau.

Apa sebenarnya penyebabnya bau mulut saat berpuasa?

Dilansir dari Suara.com, Dokter gigi Anggi Pratiwi menjelaskan bahwa bau mulut orang yang berpuasa disebabkan karena kondisi mulut yang kering.

"Mulut kering, tidak mengunyah apa pun maka sekresi tidak ada. Dalam mulut kering, kuman akan berkembang biak dengan baik. Makanya saat puasa mulut bau," jelas Anggi saat siaran langsung Facebook Listerine Indonesia, Kamis (14/5/2020).

Bau mulut juga bisa dipengaruhi karena masalah pada sistem pencernaan, kata Anggi. Terutama orang yang memiliki penyakit magh. Jika asam lambung naik hingga ke kerongkongan bisa berakibat mulut seperti bau muntahan.

Anggi menambahkan, makanan yang dikonsumsi tentu bisa menyebabkan bau mulut. 

"Perhatikan makanan yang dimakan saat sahur dan buka. Apakah suka makan pete, jengkol, atau bawang itu memengaruhi juga," ucapnya.

Untuk mengurangi bau mulut tersebut, Anggi menyarankan agar perbanyak minum air putih, konsumsi buah dan sayur, serta menyikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur.

Selama puasa, menurut Anggi, kurangi terlalu banyak menyantap makanan manis. Karena juga bisa menyebabkan masalah lain lada gigi, seperti gigi berlubang dan penimbunan plak.

"Boleh makan manis tapi setelah itu banyak minum air putih dan sikat gigi paling cepat 30 menit setelah makan," kata Anggi. 

Mulut Kering Saat Berpuasa Bikin Bau Apa Solusinya?


Loading...