Teluk Bentuni Mempunyai Alat PCR, 'Sekarang Masih dalam Tahap Uji Coba'

Teluk Bentuni Mempunyai Alat PCR, 'Sekarang Masih dalam Tahap Uji Coba'
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 14 Mei 2020 09:54 WIB

Terasjabar.id - Tim Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Teluk Bintun mulai melakukan uji coba alat Poltmerase Chain Reaction (PCR) yang belum lama ini didatangkan. Dengan begitu tes swab di kabupaten dan kota wilayah Papua Barat tak perlu lagi dikirim ke luar daerah.

Juru Satgas Penanganan Covid-19 Papua Barat, Arnoldus Tiniap mengatakan, kehadiran alat uji PCR di Kabupaten Teluk Bintuni merupakan sebuah kemajuan. Sampel pasien diduga terjangkit virus corona, nantinya tak perlu lagi dikirim ke Balitbangkesda Makassar atau ke Jayapura.

"Sekarang masih dalam tahap uji coba. Kami juga sedang mengurus sertifikat hasil pengujian. Yang dilakukan sekarang, sampel yang dikirim ke Makassar juga diperiksa di Bintuni sebagai pembanding," kata Arnoldus di Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (14/5/2020.

Selain di Bintuni, lanjut Tiniap, di Provinsi Papua Barat diharapkan ada 3 rumah sakit lainnya dapat melakukan pemeriksaan virus corona dengan metode PCR, yakni di RSUD Sorong, RSUD Manokwari dan RS Provinsi Papua Barat. Namun ketiganya belum siap melakukan uji PCR.

Dia menyebutkan, untuk RSUD Sorong dan Manokwari sudah punya alat sendiri, namun belum bisa dioperasikan karena masih membutuhkan tenaga ahli untuk menginstal. Sedangkan RSUD Provinsi Papua Barat sedang dalam proses pengadaan.

"Untuk pengadaan PCR dan setting dibutuhkan anggaran kurang lebih Rp2,5 miliar," ujarnya.

Sebelumnya kasus pasien terkonfirmasi positif virus corona di Papua Barat pada Rabu (13/5/2020) sebanyak 70 orang. Namun jumlahnya sementara ini belum mengalami penambahan sejak dua hari lalu atau per Senin (11/5/2020). Dua orang pasien dinyatakan sembuh dan satu meninggal dunia.

Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona Alat Ujicoba PCR Kabupaten dan Kota Papua Barat


Loading...