Alhamdulillah !! Pasien Positif Ketiga Virus Corona di Kabupaten Garut Telah Dinyatakan Sembuh, Diperbolehkan Untuk Pulang

Alhamdulillah !! Pasien Positif Ketiga Virus Corona di Kabupaten Garut Telah Dinyatakan Sembuh, Diperbolehkan Untuk Pulang
(Halodoc : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 13 Mei 2020 12:26 WIB

Terasjabar.id - Pasien positif ketiga Covid-19 atau KC-3 di Kabupaten Garut telah dinyatakan sembuh. Hari ini, KC-3 bisa kembali pulang ke rumahnya di Kecamatan Selaawi.

"KC-3 negatifnya sudah dua kali. Diperiksa negatif, diperiksa negatif lagi," ujar Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Rabu (13/5/2020).

Rencananya, KC-3 akan pulang siang ini dari RSUD dr Slamet Garut. Ia mulai dirawat di ruang isolasi RSUD sejak 15 April. Sebelumnya, KC-3 menjalani perawatan di salah satu fasilitas kesehatan.

Meski bisa pulang hari ini, ia tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Petugas kesehatan juga akan memantau perkembangan KC-3 selama isolasi.

Pria berumur 54 tahun itu sempat dinyatakan positif setelah menjalani rapid test. Pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Banten. Ia pulang ke Garut pada 19 Maret 2020.

Pasien itu sempat berobat ke salah satu fasilitas kesehatan pada 23 Maret. Namun tidak ada perbaikan kondisi kesehatannya. Pada 26 Maret, petugas medis memeriksa kondisi pasien di salah satu fasilitas kesehatan.

"Dari pemeriksaan itu, pasien dinyatakan sebagai orang dalam pemantauan (ODP). Lalu menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya," ujar Jubir Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Garut, Ricky Rizki Darajat.

Sebelumnya, KC-5 atau pasien kelima jadi orang pertama yang sembuh Covid-19 di Garut. Sedangkan untuk kasus pertama dan kedua, masih belum dinyatakan sembuh.

KC-1 mulai masuk ruang isolasi RSUD dr Slamet Garut sejak Selasa (31/3/2020). Setelah 14 hari dirawat, KC-1 yang berasal dari Wanaraja sempat dinyatakan negatif dari hasil swab. Namun untuk bisa pulang, harus dua kali menjalani uji swab.

"Di tes yang kedua ini, dia malah dinyatakan positif lagi. Padahal sebelumnya sudah negatif," kata Helmi.

Sedangkan KC-2 yang berasal dari Garut Kota juga masih dinyatakan positif. Ia masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

"KC-2 masih positif. Mudah-mudahan cepat ada hasil baik agar segera selesai isolasi dan beraktivitas biasa," katanya.

Total kasus positif Covid-19 di Garut berjumlah 11 orang. Dua di antaranya merupakan warga negara asing asal Bangladesh.


Disadur dari Tribunjabar.id

Virus Corona Wabah Virus Corona Rapid Test RSUD dr Slamet Garut Kabupaten Garut


Loading...