Peneliti Sarankan Buka Paket Kiriman Setelah 72 Jam, Demi Batasi Penyebaran Covid-19

Peneliti Sarankan Buka Paket Kiriman Setelah 72 Jam, Demi Batasi Penyebaran Covid-19
Ilustrasi paket. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/hxdbzxy
Editor: Admin Life Style —Selasa, 12 Mei 2020 17:59 WIB

Terasjabar.id –  Sejumlah peneliti menyarankan orang menunggu 72 jam sebelum membuka paket kiriman, hal ini bisa membantu menghentikan penyebaran Covid-19.

Saran ini dikeluarkan situs web Germ Defence, dalam rangka membantu mengurangi penyebaran virus. Demikian dilansir dari The Independent, Selasa (12/5).

Saran Germ Defence pernah diuji coba pada lebih dari 20.000 orang selama wabah flu babi 2009 dan tahun-tahun flu musiman berikutnya. Studi ini menemukan terdapat tingkat penularan yang lebih rendah di antara para keluarga yang mengikuti pedoman tersebut.

Tim dari Universitas Bath, Bristol dan Southampton berharap saran ini akan membantu mengubah perilaku orang, sehingga mengurangi risiko infeksi.

Para peneliti juga menyarankan, membersihkan permukaan di rumah dan melaksanakan langkah-langkah kebersihan yang lebih baik dapat membatasi penyebaran virus.

Saran di situs web Germ Defence mengacu pada teknik perubahan perilaku yang menurut para peneliti akan mengurangi risiko paparan Covid-19 di rumah.

Dr Ben Ainsworth, dari Fakultas Psikologi Universitas Bath, mengatakan, Covid-19 menular dengan cara yang sama dengan virus lain.

“Germ Defence menyarankan bagaimana Anda dapat melindungi diri sendiri menggunakan metode yang sama yang telah ampuh mencegah virus lain."

“Mungkin perlu sedikit latihan bagi Anda dan keluarga Anda untuk menggunakan ide-ide dari Germ Defence. Tetapi setelah Anda mempelajarinya, itu akan menjadi kebiasaan yang akan Anda lakukan dengan mudah yang akan melindungi Anda dari penyakit. "

Tim di belakang Germ Defence mengatakan mereka bekerja sama dengan Public Health England (PHE), dan situs web tersebut diterjemahkan ke dalam lebih dari 20 bahasa.

Paul Little, profesor penelitian perawatan primer di Universitas Southampton, mengatakan: "Kami mengembangkan dan menguji coba Germ Defence sehingga dapat disebarluaskan secara luas baik selama bulan-bulan musim dingin normal dan juga selama pandemi besar."

“Kami menunjukkan ada pengurangan yang nyata dalam penularan infeksi ke anggota keluarga lainnya dan juga dalam penularan dari anggota keluarga lainnya."

"Ini akan membantu mengurangi jumlah anggota keluarga yang terinfeksi Covid-19, dan juga mengurangi keparahan penyakit jika anggota keluarga terinfeksi."

PHE sebelumnya mengatakan, lamanya virus dapat bertahan tergantung berbagai faktor, termasuk jenis permukaannya, dan apakah virus itu telah terpapar sinar matahari dan produk disinfektan.

Dalam sebagian besar kondisi, PHE mengatakan, jumlah virus menular pada permukaan yang terkontaminasi kemungkinan telah menurun secara signifikan dalam 24 jam, dan bahkan makin signifikan setelah 48 jam kemudian.

(Merdeka.com)

Peneliti Sarankan Buka Paket Kiriman Setelah 72 Jam Demi Batasi Penyebaran Covid-19


Loading...