Dentuman di Jawa Tengah yang Menghebohkan Warga Sumbernya Masih Misteri, Bukan dari Gempa dan Gunung Api

Dentuman di Jawa Tengah yang Menghebohkan Warga Sumbernya Masih Misteri, Bukan dari Gempa dan Gunung Api
Ilustrasi (Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 12 Mei 2020 08:39 WIB

Terasjabar.id – Dentuman di Jawa Tengah yang menghebohkan warga, pada Senin 11 Mei dini hari kemarin, sumbernya masih misteri. Apakah dari gempa atau aktivitas vulkanik gunung berapi?

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan suara itu bukan dari letusan gunung api.

"Tidak ada laporan suara dentuman dari pos gunung api di Jawa Tengah. Sejauh ini tidak ada aktivitas vulkanik yang signifikan ataupun erupsi untuk gunung api di Jateng," kata Kepala PVMBG, Kasbani, Selasa (12/5/2020).

Kepala Geologi Kementerian ESDM, Rudy Suhendar mengatakan, aktivitas gunung api di Jateng sejak kemarin masih landai.

"Tidak ada peningkatan aktivitas di Gunung Dieng, Sundoro, Sumbing. Gunung Slamet masih dominan hembusan. Dan Merapi tidak erupsi hari ini," ujarnya.

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan memastikan bahwa dalam satu hingga dua bulan terakhir, belum ada laporan erupsi gunung api di Jateng. Dia belum mengetahui sumber dentuman tersebut. “Semua gunungnya masih aman-aman saja," katanya.

Bukan dari Gempa

Sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa suara dentuman di Jawa Tengah bukan dari aktivitas kegempaan.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono telah mengecek gelombang seismik dari seluruh sensor gempa BMKG yang tersebar di Jateng.

“Hasilnya menunjukkan tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di Jawa Tengah,” kata Daryono.

Daryono memastikan sumber suara dentuman tersebut tidak berasal dari gempa tektonik, karena jika sebuah aktivitas gempa sampai mengeluarkan bunyi ledakan.

“Artinya kedalaman hiposenter gempa tersebut sangat dangkal, dekat permukaan, dan jika itu terjadi maka akan tercatat oleh sensor gempa,” terangnya.

Disadur dari Okezone,com 

Dentuman Jawa Tengah BMKG Viral di Medsos


Loading...