Maksimalkan Diet Saat Ramadan, Ikuti Cara Menurunkan Berat Badan Ini Ya!

Maksimalkan Diet Saat Ramadan, Ikuti Cara Menurunkan Berat Badan Ini Ya!
Ilustrasi cara menurunkan berat badan. (sumber: Shutterstock)
Editor: Admin Teras Health —Senin, 11 Mei 2020 18:22 WIB

Terasjabar.id –  Dua minggu pertama Ramadan sudah lewat dan kini seharusnya tubuh kita sudah mulai beradaptasi dengan pola makan yang baru. Namun terkadang, hal tersebut tidak mudah.

Punya waktu ekstra di rumah saat bulan Ramadan membuat kita lebih jarang bergerak dan sering ngemil usai berbuka puasa. Sehingga, turun berat badan bisa jadi hanyalah mimpi.

Mengutip dari Gulf News, untuk bisa tetap sehat selama Ramadan, kita harus tetep aktif, minum cukup air dan makan makanan yang sehat, terutama ketika berada di rumah aja karena pandemi virus corona.

Dua nutrisionis dari UAE Team Emirates, Gorka Prieto dan Olga Donica membagikan bagaimana cara menurunkan berat badan di dua minggu terakhir Ramadan ini:

1. Tingkatkan imunitas tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh juga bisa membantu menurunkan berat badan. Gorka menyebut menambah suplai vitamin dan mineral dengan mengonsumsi 3-4 porsi buah dan 2 porsi sayur saat berbuka akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Yakni dengan memberikan serat yang dibutuhkan untuk membuat usus bekerja dengan baik dan meningkatkan hidrasi. Dengan menambahkan porsi penting ini dalam pola makan Anda, secara otomatis Anda menurunkan jumlah kalori karena bisa membuat kenyang.

Olga menambahkan, mengonsumsi probiotik seperti yogurt, kimchi, bluberi, oat, bawang-bawangan, dan jamur juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh lewat pencernaan.

2. Utamakan hidrasi

Tidak ada yang lebih penting dari tetap terhidrasi selama Ramdan. Semakin banyak air yang diminum, semakin sedikit berat cairan dan kembung yang Anda rasakan dalam tubuh, sehingga memudahkan proses menurunkan berat badan.

Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)
Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)

Menurut Gorka, jika Anda berolahraga, penuhi cairan tubuh dengan 500-700 ml air. Mengukur berat sebelum dan setelah berolahraga merupakan strategi yang baik untuk mengetahui seberapa banyak berat cairan yang hilang dan berapa yang Anda butuhkan untuk rehidrasi.

3. Pastikan makanan kaya nutrisi

Karena kita tidak terlalu sering makan, maka pastikan makanan kita kaya akan nutrisi. Diet yang seimbang, menurut Olga, adalah diet yang mengutamakan kualitas di atas kuantitas untuk bisa berhasil menurunkan berat badan.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan berwarna-warni, misalnya yang berwarna merah mengandung flavonoid yang bisa melawan stres, biru atau ungu baik untuk sistem saraf, kuning atau oranye mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan kulit dan sistem imun, serta hijau yang meningkatkan fungsi pencernaan dan hati.

Gorka menyarankan untuk mengonsumsi minimal 30-40 gram protein per hari. Mengonsumsi lemak sehat juga penting untuk memberikan fungsi hormon tubuh yang baik. Hindari juga makanan olahan.

makan malam di rumah. (shutterstock)
makan malam di rumah. (shutterstock)

4. Maksimalkan makan di rumah

Seringkali Ramadan menjadi ajang untuk makan di luar rumah karena acara berbuka bersama dan yang lainnya. Gunakan kesempatan saat berada di rumah seperti sekarang ini untuk memasak makanan Anda di rumah.

menurut Gorka, rahasia dari diet yang sehat adalah selalu memasak makanan di rumah dengan bahan yang enak dan segar. Ada banyak resep yang sehat dan mudah dibuat di rumah yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan mudah pula.

5. Tingkatkan asupan vitamin D

Berada di rumah aja membuat asupan vitamin D kita menjadi berkurang, sehingga penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D atau mengonsumsi suplemen vitamin D.

Vitamin D sangat penting bagi sistem imun, terutama pada masa sekarang ini. Baik bagi Anda untuk bisa keluar rumah sesaat untuk berjemur sinar matahari pagi.

(Suara.com)

Maksimalkan Diet Saat Ramadan Ikuti Cara Menurunkan Berat Badan Ini Ya!


Loading...