Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi Jadi Tempat Isolasi WNI dari LN

Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi Jadi Tempat Isolasi WNI dari LN
Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. Foto: Dok. Istimewa
Editor: Admin Hot News —Senin, 11 Mei 2020 14:48 WIB

Terasjabar.id –  Pemerintah menyiapkan tempat isolasi baru bagi para WNI yang baru saja kembali dari luar negeri di tengah wabah corona. Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyebut, asrama haji akan menjadi tempat isolasi baru.

"Khusus para pendatang baik Pekerja Migran Indonesia (PMI), pelajar maupun jemaah tablig, kami sudah laporkan ke Pak Presiden untuk bisa mendapatkan ruang isolasi sementara," kata Doni usai rapat terbatas virtual, Senin(11/5).

"Pak Presiden menyetujui untuk menggunakan asrama haji sehingga seluruh ABK, pelajar, jemaah tablig yang kembali ke tanah air bisa ditampung di satu kawasan," lanjut Doni.

Doni menyebut, asrama haji Pondok Gede dan Bekasi akan menjadi lokasi isolasi tersebut. Ia menjelaskan, selama ini, WNI seperti ABK atau pekerja kapal pesiar yang baru kembali dari luar negeri diisolasi di hotel.

Namun, isolasi di hotel membuat pengawasan petugas medis terhadap kondisi kesehatan mereka sangat sulit dilakukan. Dengan isolasi di asrama haji, diharapkan tenaga medis bisa mengawasi dengan lebih optimal.

"Dengan adanya izin dari Pak Presiden, baik di Pondok Gede dan Bekasi, maka kita harapkan kontrol dan pengawasan akan jauh lebih baik," tutur Doni.

Lebih lanjut, Doni mengatakan, WNI yang setelah dites PCR dinyatakan negatif, akan langsung diperbolehkan pulang ke wilayah masing-masing.

Sementara itu, mereka yang positif akan dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet di Jakarta. Sementara yang di Batam, mereka yang positif akan dirawat di Pulang Galang. Untuk di Surabaya, pemerintah juga sedang dalam proses menyiapkan tempat isolasi.
(Kumparan.com)

Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi Jadi Tempat Isolasi WNI dari LN


Loading...