Warga Kabupaten Sinjai Banyak yang Melaporkan Dugaan Kasus Penipuan Bansos Virus Corona, Tertipu Bansos Berbayar Oknum Dinsos

Warga Kabupaten Sinjai Banyak yang Melaporkan Dugaan Kasus Penipuan Bansos Virus Corona, Tertipu Bansos Berbayar Oknum Dinsos
Bansos (Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 11 Mei 2020 08:14 WIB

Terasjabar.id - Warga di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel), banyak yang melaporkan dugaan kasus penipuan bantuan sosial (bansos) Covid-19. Pelaku mengimingi-imingi mereka mendapat paket sembako dan uang tunai Rp2,1 juta dengan jaminan uang Rp450.000.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sinjai, Muhammad Irvan, mengimbau warga Sinjai untuk tidak tertipu ulah oknum yang tidak bertanggung jawab ini. Modus mereka dengan menjanjikan warga terdata sebagai penerima bansos mulai dari dinsos hingga Kementerian Sosial.

"Kalau ada oknum yang mengaku dari Dinsos meminta uang, itu tidak benar dan tolong dilaporkan ke yang berwajib atau pemerintah desa," kata Irvan kepada wartawan di Kabupaten Sinjai, Sulsel, Minggu (10/5/2020).

Menurut dia, banyak aksi yang mengatasnamakan bantuan dari pemerintah selama masa pandemi Covid-19. Padahal mereka tidak ada kaitannya dengan lembaga atau instansi manapun, dan hanya mencatut nama pemerintah daerah.

"Intinya berhati-hati terhadap modus penipuan bantuan sosial, karena saudara kita di Desa Alenangka telah diperdaya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dan menggasak uang ratusan ribu," ujar dia.

Sebelumnya, seorang oknum mengaku sebagai pegawai dari dinsos menipu sejumlah warga di Kabupaten Sinjai dengan iming-iming akan menerima basos Covid-19. Dia meminta sejumlah uang ke warga agar terdaftar sebagai penerima paket sembako pemerintah.

Anggota Polsek Sinjai Selatan, Aipda Irfan, membenarkan adanya aksi penipuan yang mencatut nama pegawai Dinsos, Andi Supriadi. Warga diminta membayar Rp450.000 agar terdaftar sebagai penerima bantuan.

"Jaminannya korban mendapatkan bantuan uang Rp1,2 juta plus sembako," kata Aipda Irfan.

Disadur dari iNews.id

Bansos Kabupaten Sinjai Pandemi Virus Corona Paket Sembako


Loading...