Galian Tambang di Cipatat KBB Longsor, 3 Kendaraan Rusak Berat

Galian Tambang di Cipatat KBB Longsor, 3 Kendaraan Rusak Berat
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Minggu, 10 Mei 2020 19:48 WIB

Terasjabar.id - Lokasi galian tambang di Kampung Balekambang RT 3/10, Desa Cirawa, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) longsor. Material longsor menimpa 3 kendaraan hingga rusak berat, Minggu (10/5/2020).

Longsor yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIB itu, menyebabkan satu unit mobil dum truk dan satu ekskavator mengalami rusak berat setelah terseret longsoran dari ketinggian tebing yang mencapai 100 meter dan satu unit motor pun turut tertimbun.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo melalui petugas lapangan, Rudi Wibiksana mengatakan, penyebab longsor tersebut akibat adanya getaran karena saat kejadian sedang ada aktivitas penambangan.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun 3 unit kendaraan mengalami rusak berat, termasuk satu unit motor yang tertimbun," ujar Duddy Prabowo saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Berdasarkan informasi dari warga, kata Duddy, sebelum kejadian tersebut sempat terjadi dentuman, tepatnya saat pegawai melakukan aktivitas bongkar muat hasil tambang, hingga akhirnya terjadi longsor.

"Sekitar pukul 11.00 WIB terdengar suara ledakan, tepatnya saat bongkar muat, entah itu batu atau apa. Tapi pas kita cek ke lapangan pihak perusahaan telah melakukan evakuasi," katanya.

Pihaknya memastikan, sopir dari tiga kendaraan tersebut selamat saat kejadian tersebut dan pihak perusahaan telah mengevakuasi seluruh unit kendaraan, kemudian kejadian ini langsung ditangani anggota Polsek Cipatat.

"Di lokasi kejadian juga memang sudah terlihat bekas longsoran. Lokasinya seperti pegunungan, jadi tebing yang longsor itu cukyp tinggi, kurang lebih sekitar 100 meter," ucap Duddy.(Tribunjabar.id)



Galian Tambang Cipatat KBB Longsor


Loading...