Tingkatkan Ibadah Sambil Puasa, Intip 7 Aplikasi Yang Cocok Diinstal Saat Bulan Ramadan

Tingkatkan Ibadah Sambil Puasa, Intip 7 Aplikasi Yang Cocok Diinstal Saat Bulan Ramadan
(Foto: Wowkeren.com)
Editor: Admin Teras Techno —Jumat, 8 Mei 2020 14:33 WIB

Terasjabar.id –  Di era digital saat ini, tak bisa dipungkiri peranan teknologi sangat besar untuk kehidupan sehari-hari. Teknologi saat ini turut berkontribusi dalam segala hal, termasuk mendukung kegiatan selama menjalani ibadah puasa Ramadan.

Beragam aplikasi yang mendukung berbagai aktivitas saat menjalankan ibadah puasa pun, kini sudah banyak tersedia di toko aplikasi. Aplikasi Ramadan ini bisa membantu kalian dalam mengumpulkan ceramah-ceramah favorit hingga membantu membaca Alquran.

Aplikasi ini juga cukup ringan serta tak terlalu banyak mengganggu kinerja ponsel kalian. Penasaran apa saja? Berikut rangkuman 7 aplikasi yang cocok kalian gunakan saat bulan Ramadan agar ibadah puasa jadi maksimal. Yuk disimak!


1. Muslim Pro


Muslim Pro

Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan adalah Muslim Pro. Muslim Pro merupakan salah satu aplikasi multifungsi yang bisa menemani pengguna menjalankan ibadah, termasuk selama Ramadan. Beberapa fitur utama di dalam aplikasi ini adalah petunjuk waktu sholat, arah kiblat, dan surah di Al-quran yang lengkap dengan audionya.

Untuk mempermudah pengguna, aplikasi ini mendukung sejumlah bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Selain itu, Muslim Pro juga bisa menampilkan waktu imsak dan buka puasa. Pengguna juga bisa mendapatkan notifikasi jika sudah tiba waktu sholat.

2. Marbel - Panduan Puasa Ramadhan


Marbel - Panduan Puasa Ramadhan

Aplikasi Marbel merupakan aplikasi yang cocok untuk membantu para orangtua mengenalkan ibadah Ramadan kepada anak-anak. Marbel menggabungkan konsep belajar dan bermain, sehingga diklaim menghasilkan cara belajar yang lebih menyenangkan. Anak-anak diharapkan bisa mengasah kemampuan melalui konten yang disediakan.

Di dalam aplikasi ini terdapat empat materi belajar terkait dengan Ramadan. Keempatnya adalah Pengertian Puasa, Keutamaaan Bulan Ramadan, Rukun Puasa, dan Amalan Puasa. Untuk materi Keutamaan Bulan Ramadan, misalnya, dijelaskan secara singkat sehingga lebih mudah dimengerti. Begitu pula dengan materi pelajaran lainnya.

3. Umma


Umma

Dalam aplikasi ini kalian akan disuguhi fitur utama yakni panduan waktu sholat dan petunjuk arah kiblat. Tapi tidak hanya itu, lewat aplikasi ini kalian dapat memperdalam ajaran agama lewat beragam artikel dan video siraman rohani dari para ustad.

Sepanjang bulan Ramadan ini Umma mengadakan live streaming yang menampilkan beragam topik dan narasumber. Menariknya lagi ada Kids Zone yang menampilkan video untuk anak. Fitur ini berisikan cerita asal usul hingga latihan doa dan mengaji.

4. Yaumi


Yaumi

Yaumi adalah salah satu aplikasi yang menyasar anak muda. Aplikasi ini memiliki banyak fitur bermanfaat yang akan membantu melakukan evaluasi ibadah harian. Tidak cuma itu, dengan aplikasi Yaumi bisa meningkatkan produktivitas dan kapasitas diri berkat adanya fitur Jurnal.

Pengguna pun dapat menambah wawasan dengan konten-konten Islami, menambah teman dan saat Ramadhan ada program pesantren kilat digital. Aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur lainnya termasuk Reminder Ibadah, Target Ibadah, Alquran Digital, Info Kajian, Artikel Islami, hingga Info Donasi dan Zakat.

5. Ensiklopedia Hadits


Ensiklopedia Hadits

Saat bulan Ramadan, pahala akan dilipat gandakan oleh Allah. Oleh karena itu, ada baiknya mengisi bulan suci ini dengan hal-hal yang mengundang pahala. Selain tadarus Al Qur'an, tidak ada salahnya membaca kumpulan hadits melalui aplikasi Ensiklopedia Hadist.

Aplikasi ini menyajikan 9 kita hadits utama, yakni Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Muwatha' Malik dan Darimi. Aplikasi ini turut menyediakan dia pilihan dan metode pengobatan nabi. Untuk konten yang lebih lengkap, kamu dikenakan biaya berlangganan

6. Zakat Calculator


Zakat Calculator

Zakat menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan saat bulan Ramadan. Namun banyak orang yang menyepelekannya, lupa maupun bingung tentang pembagian zakat ini. Namun kini, ada aplikasi yang dapat membantu kalian. Dengan aplikasi Zakat Calculator pengguna tidak perlu bingung menghitung zakat yang harus dikeluarkan tahun ini.

Selain memiliki hitungan yang akurat, informasi hitungan zakat yang disediakan pun beragam, mulai dari zakat fitrah, zakat harta setahun, zakat profesi, zakat emas, dan zakat properti. Fitur ini membuat kalian enggak perlu repot-repot menghitung zakat kalian.

7. Qurma


Qurma

Qurma merupakan sebuah aplikasi yang menampilkan informasi ibadah untuk Muslim dalam mempelajari serta menjalani ibadah Islam dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap sehingga kalian enggak perlu gonta-ganti aplikasi yang menyusahkan.

Qurma memiliki fitur ibadah harian seperti Al-Quran, Jadwal Sholat beserta Notifikasi Adzan, Arah Kiblat, Tasbih Digital, Kalender Hijriah, Inspirasi Harian, Asmaul Husna, dan juga doa - doa harian. Selain itu Qurma juga memiliki konten dan jadwal acara dari kontributor ternama serta komunitas Islam.

Intip juga yuk beberapa rekomendasi aplikasi Al-Qur'an gratis yang bisa bikin puasa kalian jadi lebih maksimal di sini. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips agar tetap bugar meski berpuasa seharian penuh.

(Wowkeren.com)

Tingkatkan Ibadah Sambil Puasa Intip 7 Aplikasi Yang Cocok Diinstal Saat Bulan Ramadan


Loading...