Dalam Situasi Pandemi Virus Corona, BNN Kota Bandung Terus Galakan Kampanye Stop Narkoba

Dalam Situasi Pandemi Virus Corona, BNN Kota Bandung Terus Galakan Kampanye Stop Narkoba
(Tribunjabar.id : Google)
Editor: Epenz Life Style —Kamis, 7 Mei 2020 13:41 WIB

Terasjabar.id - Dalam situasi pandemi covid-19, BNN Kota Bandung secara rutin tetap melaksanakan tugas dan fungsi pokok dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) kepada masyarakat Kota Bandung, salah satunya adalah dengan selalu memberikan himbauan tentang upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui berbagai media.

Berdasarkan koordinasi antara BNN Kota Bandung dengan Ppemerintah Kota Bandung, PD. Pasar dan Organisasi Keagamaan, pada tanggal 5 dan 6 Mei 2020 beberapa personil BNN Kota Bandung memasang beberapa spanduk himbauan tentang upaya pencegahan covid-19 yang dikolaborasikan dengan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba serta melakukan kegiatan pembagian masker pada masyarakat di sejumlah pusat keramaian yaitu pasar Ciroyom, Pasar Kosambi, dan Check Point Buah Batu.

Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan agar selain sadar akan upaya pencegahan covid-19, masyarakat juga dapat sadar dan peduli akan bahaya narkoba serta dapat bekerjasama dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, karena berdasarkan hasil survei tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional bekerja sama dengan Pusat Penelitian masyarakat dan Budaya-LIPI diketahui bahwa 240 dari 10.000 penduduk Indonesia berumur 15-64 tahun terpapar pernah memakai narkoba yaitu sebesar 2,40% (4.534.744 jiwa).

Sedangkan 180 dari 10.000 Penduduk Indonesia berumur 15-64 tahuan terpapar memakai narkoba selama satu tahun terakhir, yaitu sebesar 1,80% (3.419.188 jiwa).

Situasi dan kondisi tersebut menjadikan salah satu alasan bahwa pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan penyaahgunaan narkoba (P4GN) harus tetap berlangsung meski dalam situasi pandemic covid-19.

“ BNN Kota Bandung berkomitmen akan senantiasa melaksanakan upaya P4GN sebagai bentuk pelayanan kami kepada masyarakat Kota Bandung meskipun dalam situasi dan kondisi yang serba terbatas karena pandemic covid-19.

bnn2
 (istimewa)

Pelayanan kepada masyarakat akan terus berlangsung serta upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba terus kami lakukan baik melalui media luar ruang, radio, dan juga media online”, ujar Deni Yus Danial, S.IP, MH selaku Kepala BNN Kota Bandung.

Permasalahan penyalahgunaan narkoba dan pandemic covid-19 ini adalah dua hal yang berbeda namun memiliki satu kesamaan, sama-sama dapat memberikan dampak negatif kematian dan mengakibatkan kerugian dalam jumlah besar, untuk itu kerjasama dan gotong royong antara pemerintah dan masyarakat baik dalam menghadapi pandemic covid-19 dan penyalahgunaan narkoba ini sangat diperlukan.


Disadur dari Tribunjabar.id

BNN Kota Bandung P4GN Pandemi Virus Corona


Loading...