Proposal Pengajuan PSBB yang Akan Diajukan Ke Kemenkes Sudah Disiapkan Pemkot Ambon

Proposal Pengajuan PSBB yang Akan Diajukan Ke Kemenkes Sudah Disiapkan Pemkot Ambon
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 7 Mei 2020 10:14 WIB

Terasjabar.id – Proposal pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan diajukan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah disiapkan pemerintah kota (Pemkot) Ambon, Maluku. Sementara proposal yang akan diajukan ke Pemerintah Pusat masih dalam tahap pembahasan internal Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon.

“Saat ini masih dalam tahap pembahasan internal. Karena salah satu syarat selain menyampaikan surat secara resmi, kita juga harus menyiapkan proposal pengusulan PSBB ke pemerintah pusat," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, Rabu (6/5/2002).

Dia mengatakan dalam minggu ini, proposal harus tuntas untuk disampaikan ke Pemprov Maluku. Selanjutnya diteruskan ke pemerintah pusat.

Selain itu, Gugus Tugas juga melakukan konsultasi dengan Kementerian Kesehatan terkait persiapan yang harus dipenuhi dan disiapkan Pemkot Ambon untuk melaksanakan PSBB. Pihaknya juga akan melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk menyiapkan kondisi psikologi sosial.

"Jika PSBB diterapkan maka aktivitas masyarakat dibatasi, bukan dilarang. Karena itu sosialisasi perlu disampaikan ke masyarakat," ujarnya.

Setidaknya ada empat syarat yang harus disiapkan. Di antaranya seperti jumlah kasus Covid-19, adanya epidemiologi (pola penyebaran penyakit) di tempat lain yang terhubung dengan daerah yang akan mengajukan PSBB. Selanjutnya, ketersediaan kebutuhan hidup dasar bagi masyarakat yakni koordinasi dengan Bulog juga distributor kebutuhan pokok.

Selain itu kesiapan keuangan daerah yakni anggaran untuk tiga kegiatan utama. Pertama pemenuhan alat kesehatan, menghidupkan industri yang mendukung kegiatan PSBB dan kebutuhan layanan dasar melalui bantuan sosial.

"Soal kesiapan keuangan, kita telah siapkan karena seluruh kegiatan fisik pada tahun 2020 ditangguhkan. Semua kita konsentrasikan untuk penanganan Covid-19," ujarnya.

Disadur dari iNews.id

PSBB Kemenkes Proposal Pandemi Virus Corona Pemkot Ambon


Loading...