Advertisement

Berbgai Upaya Dilakukan Untuk Memutus Rantai Penyebaran Virus Corona, PMI Jember Sediakan 2 Ambulans untuk Jenazah Pasien Corona

Berbgai Upaya Dilakukan Untuk Memutus Rantai Penyebaran Virus Corona, PMI Jember Sediakan 2 Ambulans untuk Jenazah Pasien Corona
(iNews/Bambang Sugiarto : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 7 Mei 2020 09:57 WIB

Terasjabar.id – Berbagai upaya dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dan memudahkan penanganan kasus virus ini. Seperti yang dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Jember, Jawa Timur (Jatim) yang menyediakan dua unit mobil jenazah khusus pasien Covid-19. 

Ketua PMI Cabang Jember, Zaenal mengatakan mobil jenazah ini dapat digunakan untuk pasien positif atau PDP Covid-19 yang meninggal dunia. Dua unit ambulans tersebut, satu di antaranya bantuan dari provinsi Jatim, dan lainnya merupakan aset PMI Jember.

“Dua mobil ambulans ini disediakan berikut APD bagi sopir dan tim penguburan jenazah Covid-19,” katanya, Rabu (6/5/2020).

PMI juga bekerja sama dengan instansi lain seperti TNI untuk melakukan penyemprotan disinfektan di titik-titik jantung kota.

Sementara itu, pihak RSU dr Soebandi Jember juga membuat aplikasi screening sebagai upaya antisipasi penularan kepada paramedis dari pasien rawat jalan. Aplikasi ini diberi nama ‘Soemad’.

Aplikasi dapat digunakan pasien sebelum diberi tindakan medis. Tujuannya agar jika pasien tersebut ternyata terpapar Covid-19, tidak menular kepada paramedis.

Dengan screening tersebut, paramedis dapat mengetahui riwayat perjalanan pasien, gejala penyakit berikut informasi penyakit yang pernah diderita. Paramedis dapat mengantisipasi dengan APD jika pasien rawat jalan tersebut akan periksa di RSUD Soebandi Jember.

Aplikasi Soemad ini sudah dapat diunduh di Plasy Store untuk pengguna Android.

Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona PMI Jember Dua Unit Mobil Jenazah Pasien Virus Corona


Related Post



Loading...