Nganggur Karena Wabah Corona? Tetap Semangat dan Simak 8 Tips Ini Untuk Mencari Pekerjaan Baru

Nganggur Karena Wabah Corona? Tetap Semangat dan Simak 8 Tips Ini Untuk Mencari Pekerjaan Baru
(Foto: Wowkeren.com)
Editor: Admin Life Style —Senin, 4 Mei 2020 18:13 WIB

Terasjabar.id – Wabah virus Corona mempengaruhi banyak sektor kehidupan. Salah satunya adalah di bidang ekonomi. Akibat virus yang berasal dari Wuhan ini, tidak sedikit perusahaan yang gulung tikar. Akibatnya, berbagai perusahaan memutuskan untuk merumahkan karyawannya bahkan ada yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Apakah Anda juga menjadi korban PHK akibat pandemi ini? Jika iya, sebaiknya tetap tenang dan tak perlu putus asa. Sebab masih ada banyak perusahaan di beragam industri yang membuka lowongan pekerjaan. Tinggal bagaimana cara Anda untuk mengambil peluang tersebut.

Selagi menjalani karantina mandiri dan berdiam diri di rumah, tak ada salahnya untuk tetap melamar pekerjaan. Siapa tahu Anda beruntung dan diterima kerja sehingga tetap bisa meraup penghasilan di tengah krisis ini. Berkaitan dengan hal ini, berikut rangkuman beberapa tips mencari kerja di tengah Pandemi Corona. Penasaran apa saja itu? 

1. Bersabar dan Jangan Frustasi


Bersabar dan Jangan Frustasi

Setelah dirumahkan atau di-PHK, tidak sedikit orang yang merasa frustasi dan bersedih. Hal ini wajar adanya, karena tiba- tiba mereka harus kehilangan sumber penghasilan. Sementara di rumah ada keluarga yang harus dinafkahi.

Meski demikian, sebaiknya Anda berusaha sabar dan tidak mudah putus asa. Karena jika merasa frustasi, Anda akan merasa lebih kesulitan dalam mencari jalan keluar masalah ini. Faktanya, masih ada banyak perusahaan yang melakukan perekrutan pegawai. Alih-alih larut dalam kesedihan, sebaiknya mulai bangkit dan terus berdoa.

2. Tetap Melamar ke Berbagai Perusahaan


Tetap Melamar ke Berbagai Perusahaan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, di situasi saat ini masih ada banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja. Hal ini dikarenakan perekonomian terus bergerak dan tentunya masih ada perusahaan yang membutuhkan karyawan baru. Yang perlu Anda lakukan adalah rutin mengecek lowongan pekerjaan di berbagai situs, aplikasi maupun media sosial.

Tapi ingat, jangan lupa untuk mengecek dan memastikan bagaimana kondisi perusahaan yang Anda lamar ya. Jangan sembarangan memilih perusahaan dan lebih waspada dalam memasukkan aplikasi lamaran untuk menghindari penipuan. Menurut Forbes, ada beberapa industri yang berpotensi membuka lowongan pekerjaan, seperti supermarket berjejaring, farmasi dan dunia teknologi. Jadi jangan berkecil hati dan tetap cari peluang kerja secara online.

3. Tonjolkan Kemampuan dan Pengalaman Kerja Remote


Tonjolkan Kemampuan dan Pengalaman Kerja Remote
Shutterstock

Dalam menyusun resume, sebaiknya sesuaikan dengan situasi saat ini. Jika Anda memiliki pengalaman kerja remote atau sistem bekerja dari mana saja, sebaiknya cantumkan hal itu dalam resume Anda. Perusahaan akan lebih mempertimbangkan lamaran Anda dan menganggap Anda mampu bekerja secara produktif meski tidak sedang bekerja di kantor dan diawasi langsung oleh perusahaan.

Jangan lupa juga untuk menonjolkan kemampuan Anda dalam bekerja jarak jauh. Tuliskan berbagai soft skill yang Anda miliki, seperti kemampuan dalam beradaptasi, kreativitas dan produktivitas. Selain itu, sertakan penekanan bakat teknis di dalam surat lamaran karena sistem kerja jarak jauh sering menuntut panggilan konferensi maupun rapat via video.

4. Usahakan Fokus di Bidang Digital


Usahakan Fokus di Bidang Digital

Pekerjaan yang memerlukan skill fisik tampaknya lebih sulit karena situasi yang kurang kondusif saat ini. Apalagi sistem WFH (Work From Home) membuat semuanya kerja serba digital. Oleh karena itu, sebaiknya asah kemampuanmu dan fokuslah mencari kerja di bidang digital.

Saat ini ada banyak perusahaan yang mulai beralih ke bidang digital dan membutuhkan karyawan untuk pekerjaan digital marketing, admin, social media manager dan masih banyak lagi. Selebihnya, kamu tinggal mencari pekerjaan yang cocok dengan bakat dan kemampuanmu.

5. Bagi Lulusan Baru, Manfaatkan Fasilitas Kampus


Bagi Lulusan Baru, Manfaatkan Fasilitas Kampus

Jika Anda lulusan baru dan kesulitan mencari pekerjaan karena wabah Corona, sebaiknya manfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan kampus. Beberapa institut atau universitas biasanya memiliki laman situs yang memasang lowongan pekerjaan. Nah, Anda bisa mengunjungi situs tersebut untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan dan minat Anda.

Selain itu, usahakan untuk tetap aktif di grup kampus karena melalui forum ini Anda akan mendapatkan segudang informasi soal lowongan pekerjaan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai proyek freelance, volunteer maupun berbagai kelas online yang bisa Anda ikuti untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

6. Berlatih Virtual Interview


Berlatih Virtual Interview

Sembari menunggu perusahaan memanggil Anda, sebaiknya lakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah menjalankan virtual interview. Dibanding dengan wawancara biasa, virtual interview bisa lebih menantang. Karena hanya terhubung lewat video call, Anda akan merasa kurang memiliki koneksi dengan pewawancara. Selain itu, jaringan yang kurang stabil juga bisa menjadi faktor penghambat.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi virtual interview, terlebih dahulu lakukan riset untuk mengetahui informasi perusahaan dan pekerjaan apa yang Anda lamar. Sebaiknya siapkan juga pertanyaan dan jawaban yang kira-kira akan diajukan oleh pewawancara. Meski terasa lebih menantang, keuntungan dari virtual interview adalah Anda bisa membuat catatan kecil di laptop. Dengan begitu, Anda tidak akan lupa untuk mengatakan kemampuan penting maupun pencapaian hebat yang ingin Anda sampaikan kepada pewawancara.

7. Perluas Koneksi


Perluas Koneksi
VectorStock

Pandemi Corona bukan halangan bagi kita untuk memperluas relasi. Saat berdiam di rumah saja, manfaatkan kecanggihan teknologi untuk menjangkau lebih banyak orang. Melalui jaringan tersebut, Anda bisa mencari peluang pekerjaan. Untuk itu, sebaiknya tetap jalin hubungan dengan kenalan lama atau ikuti beberapa acara seperti pekan karier atau sejenisnya yang digelar secara online.

Dengan begitu, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin besar. Pun jika sebelumnya Anda pernah menjalin hubungan profesional dengan sejumlah orang penting, sebaiknya bangun kembali hubungan tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga networking yang bisa mengarahkan Anda ke wawancara kerja.

8. Tetap Asah Skill Sambil Menunggu Aplikasimu Diterima


Tetap Asah Skill Sambil Menunggu Aplikasimu Diterima
Rawpixel

Sembari menunggu aplikasi lamaran Anda diterima, sebaiknya manfaatkan momen karantina mandiri di rumah untuk mengasah skill. Anda bisa mengikuti beberapa kelas online atau belajar melalui YouTube dan internet. Perhatikan skill apa saja yang dibutuhkan perusahaan yang Anda lamar dan asah kemampuan Anda dengan sebaik mungkin. Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa kegiatan positif yang berguna untuk mengasah skill.

Jika Anda tertarik untuk bekerja di sebuah perusahaan, tapi perusahaan yang Anda tuju sedang tidak melakukan perekrutan pegawai, sebaiknya jangan bersedih. Anda bisa menanyakan apakah perusahaan tersebut akan melakukan perekrutan dalam waktu dekat dan mintalah mereka untuk mengingat lamaran Anda.

Demikian delapan tips melamar kerja di tengah Pandemi Corona yang telah dirangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips tetap produktif selama berpuasa di tengah Pandemi Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengontrol karyawan selama WFH.





(Wowkeren.com)

Nganggur Karena Wabah Corona? Tetap Semangat dan Simak 8 Tips Ini Untuk Mencari Pekerjaan Baru


Loading...