Militer Korea Utara dan Korea Selatan Baku Tembak di Zona Demiliterisasi

Militer Korea Utara dan Korea Selatan Baku Tembak di Zona Demiliterisasi
AFP
Editor: Malda Hot News —Minggu, 3 Mei 2020 15:00 WIB

Terasjabar.id - Militer Korea Utara meletuskan tembakan ke arah Selatan Zona Demiliterisasi. Hal ini pun mendorong Korea Selatan untuk membalasnya.
Sebagaimana dilansir AFP, Minggu (3/5/2020) zona demiliterisasi itu membagi kawasan semenanjung. Adu senjata-- peristiwa yang langka--terjadi setelah kemunculan kembali sehari sebelumnya pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Kim hampir tiga minggu absen dari hadapan publik dan memicu spekulasi kuat tentang kondisi kesehatannya.


Kepala staf gabungan dalam pernyataannya menjelaskan, satu pos penjagaan Korea Selatan diserang beberapa tembakan dari Utara. Dia menambahkan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan di pihak Korea Selatan.

"Militer kami merespons dengan dua serangan tembakan dan pengumuman peringatan sesuai dengan manual kami," kata Seoul.

Korea Selatan mengatakan sedang berkomunikasi dengan Korea Utara melalui hotline militer mereka untuk menentukan penyebab insiden itu.

Kedua negara Korea ini secara teknis tetap berperang setelah Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada tahun 1953. Terlepas dari namanya, Zona Demiliterisasi adalah salah satu tempat yang paling dibentengi di bumi, penuh dengan ladang ranjau dan pagar kawat berduri.

Meredakan ketegangan militer di perbatasan mereka adalah salah satu kesepakatan yang dicapai antara Kim dan Presiden Korsel Moon Jae-in pada pertemuan puncak di Pyongyang pada September 2018.

Namun, sebagian besar kesepakatan belum ditindaklanjuti oleh Korea Utara, dengan Pyongyang sebagian besar memutus kontak dengan Seoul.(dtk/Gelora)

Virus Corona Korea Selatan Korea Utara Perbatasan


Loading...