Advertisement

Ditengah Pandemi Virus Corona Pengelola Obyek Wisata Lembang Park and Zoo Harus Mengurangi Jatah Makan Binatang Setelah Tutup Pada Pertengahan Maret

Ditengah Pandemi Virus Corona Pengelola Obyek Wisata Lembang Park and Zoo Harus Mengurangi Jatah Makan Binatang Setelah Tutup Pada Pertengahan Maret
(Tribun Jabar/Hilman Kamaludin : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 3 Mei 2020 10:52 WIB

Terasjabar.id - Di tengah pandemi Covid-19, pengelola obyek wisata Lembang Park and Zoo di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus mengurangi jatah makan binatang setelah tutup pada pertengahan Maret.

Ratusan binatang mulai dari burung, buaya, rusa, singa, hingga harimau yang ada di obyek wisata tersebut tidak mendapat jatah makan pada hari Sabtu karena selama tutup, obyek wisata ini tidak ada pemasukan.

Manager Operasional Lembang Park and Zoo, Iwan Susanto, mengatakan opsi pengurangan jatah makan dan puasa pada hari Sabtu tersebut terpaksa diambil demi menekan biaya operasional kebun binatang selama pandemi Covid-19.

"Terutama untuk singa dan harimau karena mereka yang paling boros, apalagi pakannya juga mahal karena daging sapi," ujar Iwan di Lembang Park and Zoo, Sabtu (2/5/2020).

Menurutnya, untuk singa dan harimau yang berjumlah masing-masing 2 ekor, rata-rata membutuhkan 5 kilogram daging sapi setiap harinya.

Namun karena kondisi sulit pakan pun diganti jadi daging ayam dengan porsi 4 kilogram sehari.

"Untuk makan singa dan harimau saja sehari butuh biaya Rp 1,5 juta, dikali sebulan sekitar Rp 45 juta lebih. Makanya kita ganti ke pakan lain, ayam potong. Lebih murah juga, ditambah puasa sehari, jadi agak irit," katanya.

Sementara untuk biaya makan semua binatang yang ada di Lembang Park and Zoo, pengelola harus merogoh kocek lebih dari Rp 70 juta setiap bulannya.

Beruntung, biaya pakan binatang lainnya tak terlalu menghabiskan biaya besar.

Sebab, seperti burung, lutung, owa, ikan, ular, dan buaya tak semahal biaya pakan untuk singa dan harimau.

"Kalau burung, kan, biji-bijian, lutung dan sejenisnya makan buah. Ular dan buaya itu sama daging, tapi enggak terlalu boros. Buaya itu bisa 3 hari sekali makannya. Ular juga, kalau sudah kenyang bisa seminggu atau sebulan enggak makan," ucap Iwan.

Selain pakan, pihaknya juga sangat memerhatikan kebersihan kandang dan kesehatan binatang koleksi Lembang Park and Zoo yang keseluruhannya mencapai 450 ekor.

"Setiap hari dibersihkan dan dicek kesehatannya. Jadi terjaga kesehatannya. Ada juga hewan yang keluar kandang, jadi mereka juga rindu ramai pengunjung," ujarnya.



Disadur dari Tribunjabar.id

Virus Corona Wabah Virus Corona Lembang Park Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat


Related Post



Loading...