Diisukan Mati, Kim Jong-un Tampil Potong Pita Peresmian Pabrik Pupuk

Diisukan Mati, Kim Jong-un Tampil Potong Pita Peresmian Pabrik Pupuk
Foto/ist
Editor: Admin Hot News —Sabtu, 2 Mei 2020 14:07 WIB

Terasjabar.id – Setelah menghilang beberapa minggu, Kim Jong-un membuat kejutan dengan kembali tampil ke hadapan publik. Hadirnya pemimpin tertinggi Korea Utara itu segera menyapu spekulasi tentang kondisi kesehatan hingga kematiannya.

Sejumlah foto yang dirilis radio pemerintah mempertontokan aktivitas Kim Jong-un memotong pita peresmian sebuah pabrik pupuk di Sunchon, Provinsi Phyongan Selatan, pada Jumat (1/5/2020) kemarin. Dalam foto itu Kim Jong-un ditemani saudara perempuannya, Kim Yo-jong, dan sejumlah pejabat lainnya seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (2/5/2020).

Acara di Sunchon itu juga dilaporkan oleh kantor berita resmi Korut, KCNA, dan oleh kantor berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap, yang mengatakan laporan itu bertentangan dengan rumor tentang kesehatan Kim Jong-un.

"Mereka yang menghadiri acara tersebut bersorak 'Hore' bagi Pemimpin Tertinggi yang memimpin pawai semua orang untuk mencapai tujuan besar kemakmuran," tulis KCNA.

Diisukan Mati, Kim Jong-un Tampil Potong Pita Peresmian Pabrik Pupuk

Dalam foto tersebut, Kim Jong-un tampak sehat dan bugar. Ia juga sempat meninjau lokasi pabrik dan berbicara dengan sejumlah pejabat. Dalam foto lainnya ia tampak duduk dengan sejumlah petinggi negara termasuk adik perempuannya Kim Yo Jong.

Kim Jong-un terakhir kali muncul di depan umum pada 12 April, ketika surat kabar harian partai yang berkuasa, Rodong Sinmun, menunjukkan dia memimpin rapat Politbiro. Hanya tiga hari kemudian, pada 15 April, ia tidak terlihat di perayaan ulang tahun ke-108 penguasa pertama Korut sekaligus kakeknya, Kim Il-sung.

Hal ini mendorong sejumlah outlet media Amerika Serikat (AS) untuk berspekulasi bahwa Kim Jong-un mungkin telah meninggal. Teori-teori seputar ketidakhadirannya pun menyeruak, mulai dari operasi jantung yang dirusak oleh dokter-dokter elit China hingga virus Corona Covid-19 dan segala sesuatu di antaranya.

Diisukan Mati, Kim Jong-un Tampil Potong Pita Peresmian Pabrik Pupuk

Presiden AS Donald Trump lebih lanjut memicu spekulasi dengan pernyataan samar bahwa ia memiliki ide yang sangat bagus tentang kondisi Kim Jong-un tetapi tidak dapat mengungkapkannya pada konferensi pers awal pekan ini, diikuti oleh klaim bahwa Kim Jong-un tidak bisa mungkin telah membuat pernyataan publik selama akhir pekan karena tidak ada yang tahu di mana dia.

Pada hari Minggu, seorang pejabat senior Korsel mengatakan pemerintahnya percaya Kim Jong-un masih hidup dan sehat. Sementara kelompok pemantau Korut mengatakan foto-foto satelit menunjukkan kereta khusus pemimpin itu berada di kota pesisir Wonsan - di sisi lain semenanjung dari Pyongyang dan Sunchon.





(Sindonews.com)

Diisukan Mati Kim Jong-un Tampil Potong Pita Peresmian Pabrik Pupuk Korea Utara


Loading...