14 Makam di TPU Cikutra Bandung Tertimbun Longsor, Petugas Cari Jenazah, 5 Jenazah Ditemukan

14 Makam di TPU Cikutra Bandung Tertimbun Longsor, Petugas Cari Jenazah, 5 Jenazah Ditemukan
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 2 Mei 2020 13:54 WIB

Terasjabar.id -‎ Puluhan makam di area tempat pemakaman umum (TPU) Cikutra tergerus aliran anak Sungai Cidurian di Kelurahan Negla‎sari Kota Bandung, Sabtu (2/5/2020).

Pantauan Tribun, makam yang tergerus berada di pinggir sungai dan berada di tebing-tebing di atas aliran sungai.

Longsoran bahkan menutupi sebagian anak sungai. Makam yang tergerus ada di blok E dan blok F.

"Total ada 29 makam yang tergerus di blok E dan F. Termasuk di lahan pribadi di dekat blok F," kata Sumpena Kepala UPT Wilayah 3 Distaru Kota Bandung, di TPU Cikutra, Sabtu (2/5/2020).

Aliran Sungai Cidurian debitnya deras pascahujan deras pada Jumat (1/5/2020). Aliran deras itu menggerus tebing yang ada tempat makamnya.

"Jadi makam yang tergerus longsor lalu tertimbun longsor ada sekira 14 makam dan 15 makam lainnya harus dipindahkan," katanya.

Dari 14 makam itu, banyak jenazah yang tertimbun dan perlu pencarian‎. Yang sudah ditemukan ada sekira lima jenazah yang dikuburkan kembali.

"Jadi makamnya tergerus lalu tertimbun material pasir. Ada juga satu jenazah yang hanyut katanya sudah dibawa ke RSHS Bandung," ujar Sumpena.

Dari 29 itu, ada sembilan makam di lahan milik pribadi di dekat blok F. Posisi makamnya di tebing di atas Sungai Cidurian. Material longsorannya hingga menutup sebagian badan sungai.

"Dari sembilan makam yang tergerus dan tertimbun longsor, yang baru ketemu baru tiga jenazah," ujar Doni, petugas TPU Cikutra.

Anggota keluarga pemilik lahan makam itu tampak menyaksikan longsoran dan mengevakuasi jenazah yang hilang.

"Yang ketemu itu ada orang tua saya dan mertua," ujar Galih.(Tribunjabar.id)




TPU Cikutra bandung Longsor Banjir


Loading...