PSBB Jabar Sukses Turunkan Kasus Virus Corona, Ridwan Kamil Beri Pembuktian

PSBB Jabar Sukses Turunkan Kasus Virus Corona, Ridwan Kamil Beri Pembuktian
Editor: Admin Teras Bandung —Kamis, 30 April 2020 14:13 WIB

Terasjabar.id – Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dalam menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diklaim telah berhasil. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Dilansir dari Wowkeren.com, Ridwan Kamil mengatakan jika saat ini telah terjadi penurunan kasus positif virus corona di wilayah pemerintahannya. Ia mengklaim jika kasus COVID-19 di Jabar berangsur-angsur mulai stabil, berada di sekitar 40-an kasus. Oleh sebab itu, Ridwan meminta masyarakat untuk tetap semangat dan berpikir positif.

”Sejak diberlakukannya PSBB, rasio pertumbuhan kasus positif COVID-19 ternyata menjadi lebih stabil,” ujar pria yang akrab disapa Emil itu saat menggelar rakor PSBB tingkat provinsi bersama bupati dan wali kota, Rabu (29/4). “Tapi kalau dirata-rata kita harus berpikir positif dan semangat, bahwa kasus penambahannya tidak ekstrem, cenderung stabil di 40-an kasus per hari.”

Saat ini, ada sejumlah wilayah di Jabar yang menerapkan aturan PSBB demi mencegah penyebaran virus corona menjadi lebih luas. Pertama, di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Bekasi. Kedua, wilayah Bandung raya yang meliputi, Kota dan Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

PSBB di Bodetabek tersebut dimulai dari 15 April hingga 28 April 2020. Pemprov Jabar lantas memperpanjang PSBB Bodetabek hingga dua pekan ke depan. Sementara itu, PSBB Bandung Raya berlangsung mulai 22 April lalu hingga 6 Mei 2020.

Ridwan dalam evaluasi PSBB Jabar mengatakan jika lima daerah, yaitu Bogor, Depok, dan Bekasi telah mengalami penurunan kasus COVID-19. Hal yang sama juga terjadi di wilayah Bandung Raya. Meski demikian, satu wilayah di Bandung yaitu Cimahi masih menunjukkan kenaikan kasus yang tinggi.


Lebih lanjut Ridwan menjelaskan klaim tersebut bisa terlihat dari angka pertumbuhan kasus positif COVID-19 yang cenderung stabil dan mobilitas sosial masyarakat. Ia juga mengungkapkan kabar baik lainnya jika angka kesembuhan pasien positif corona di Jabar meningkat setelah diterapkannya PSBB.

”Alhamdulillah, kesembuhan setelah PSBB ini yang tadinya kalah kecepatannya dari angka yang meninggal,” ungkap Ridwan. “Sekarang persentase kecepatan yang sembuh sudah lebih tinggi.”

Terakhir, Ridwan mengapresiasi kedisiplinan masyarakat hingga aparat keamanan dalam menjalankan PSBB sehingga berhasil menurunkan penyebaran COVID-19. Ia juga tetap mengimbau agar warga tidak berkerliaran maupun berkerumun di masa PSBB .

PSBB Jabar Sukses Turunkan Kasus Virus Corona Ridwan Kamil Beri Pembuktian COVID-19


Loading...