Masyarakat Diminta Contoh Warga Vietnam, Disiplin Social Distancing Bikin Vietnam 0 Kematian

Masyarakat Diminta Contoh Warga Vietnam, Disiplin Social Distancing Bikin Vietnam 0 Kematian
Liputan6.com
Editor: Malda Hot News —Senin, 27 April 2020 11:33 WIB

Terasjabar.id - Negara Vietnam berhasil menekan angka penderita coronavirus disease 2019 (Covid-19) melalui penerapan social distancing atau pembatasan sosial.

Meskipun berbatasan langsung dengan Tiongkok--negara pertama tempat virus itu terdeteksi--menurut penghitungan resmi, Vietnam hanya mencatat 268 kasus virus corona dan tanpa korban meninggal.

Upaya penerapan pembatasan sosial di Vietnam, dinilai dapat diterapkan di Indonesia.

Syaratnya, masyarakat harus mengikuti anjuran pemerintah melakukan pembatasan sosial agar semakin berkurang korban terkena virus corona.

"Sebab itu, ayo kita seluruh anak bangsa secara terus menerus mentaati social distancing ini," kata Ketua Seknas Jokowi DKI Jakarta, Monisyah, saat dihubungi, Senin (27/4/2020).

Untuk menangani pandemi Covid-19, pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sampai saat ini, tercatat sudah ada 24 daerah berstatus PSBB.

Selama penerapan PSBB, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memberlakukan aturan larangan mudik.

Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 telah berlaku.

Melalui pemberlakuan PSBB, dia meminta, agar masyarakat mematuhi aturan itu.

"Kita semua ingin masalah pendemi segera berakhir supaya bangsa Indonesia kembali bisa beraktivitas seperti dahulu, bisa silaturahmi, melakukan bisnis, anak-anak bisa sekolah dan kuliah," ujarnya.

Menurut dia, penerapan pembatasan sosial memang sulit bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, dia mengingatkan kepada semua pihak agar saling membantu.

"Sehingga bisa mengurangi beban bagi keluarga yang sudah lebih dari satu bulan di rumah saja tanpa bisa beraktifitas secara penuh," ujar Monisyah.

Melalui lembaga tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Seknas Bekasi dan Camat Pondok Gede mengadakan dapur umum untuk memasak makanan dan membagikan kepada masyarakat.

Selain itu, sebanyak 500 paket bantuan sembako, masker, sabun, minyak goreng dan cairan disinfektan juga dibagikan kepada masyarakat umum dan anggota di Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Vietnam mencuri perhatian dunia karena lockdown Virus Corona (COVID-19) di negaranya berhasil tanpa adanya korban jiwa. Padahal, negara ini berbatasan langsung dengan China.

Lockdown dimulai pada awal April lalu sehingga banyak bisnis yang harus tutup, tetapi kini sudah dilonggarkan.

(Tribunjabar.id)

Virus Corona Vietnam Social Distancing Covid 19 Indonesia


Loading...