RSUD Kabupaten Mokumoku Menggelar Rapid Test Terhadap Seluruh Petugas Medis, 8 Dinyatakan Reaktif Virus Corona

RSUD Kabupaten Mokumoku Menggelar Rapid Test Terhadap Seluruh Petugas Medis, 8 Dinyatakan Reaktif  Virus Corona
(Dok Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 27 April 2020 09:09 WIB

Terasjabar.id - RSUD Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggelar rapid test terhadap seluruh petugas medis. Hasilnya, delapan petugas medis dinyatakan reaktif Covid-19.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Kabupaten Mukomuko Harnovi mengatakan, rapid test itu digelar beberapa hari lalu. Selanjutnya, delapan petugas medis yang dinyatakan reaktif Covid-19 dari hasil tes cepat dua kali, akan dites swab. Sampelnya dikirim ke laboratorium di Palembang melalui Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

“Yang penting sekarang ini hasil tes swab atau usapan tenggorokan. Kalau rapid test terhadap petugas medis dan paramedis ini reaktif, bisa saja karena ada virus yang lain," kata Harnovi di Mukomuko, Minggu (26/4/2020).

Harnovi mengatakan, RSUD Mukomuko sebelumnya berencana melakukan rapid test kepada seluruh petugas medis dan paramedis yang ada di rumah sakit ini. Hanya saja, alat rapid test yang ada hanya 100. Namun kemudian ada tambahan dari provinsi sehingga menjadi 400 alat.

"Dari awal, rapid test ini diutamakan terlebih dulu untuk petugas medis dan paramedis di rumah sakit ini. Selain itu juga untuk pasien dalam pengawasan terkait Covid-19," katanya.

Direktur RSUD Kabupaten Mukomuko Tugur Anjastiko mengatakan, dari hasil tes cepat atau rapid test terhadap seluruh karyawan RSUD setempat, memang ada beberapa orang yang hasilnya reaktif. Untuk memastikan kondisi mereka, akan dilakukan pemeriksaan swab dan rapid test ulang.

"Untuk hasil pastinya tunggu saja hasil dari swab yang dikirim. Mudah-mudahan hasilnya negatif. Akurasi dari rapid test sendiri kan sangat rendah, di bawah 40 persen,” ujarnya.

Sementara dari data Kementerian Kesehatan hingga Minggu (26/4/2020), jumlah pasien positif di Provinsi Bengkulu sebanyak delapan orang. Pasien yang sembuh satu orang dan meninggal karena terinfeksi Covid-19 juga satu orang.

Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona Petugas Medis RSUD Kabupaten Mukomuko


Loading...