Umat Muslim Indonesia Harus Menjalani Bulan Suci Ramadan 2020 di Tengah Wabah Virus Corona, 'Jaga Imunitas Jasmani dan Rohani Cegah Corona' Pesan dari Menko Polhukam

Umat Muslim Indonesia Harus Menjalani Bulan Suci Ramadan 2020 di Tengah Wabah Virus Corona, 'Jaga Imunitas Jasmani dan Rohani Cegah Corona' Pesan dari Menko Polhukam
(Kemenko Polhukam)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 26 April 2020 08:44 WIB

Terasjabar.id - Umat Muslim Indonesia harus menjalani bulan suci Ramadan 2020 di tengah wabah corona. Oleh karena itu Menko Polhukam, Mahfud MD berpesan agar masyarakat menjaga imunitas jasmani dan rohani untuk menjaga diri agar tak tertular corona.

Pesan itu disampaikan Mahfud MD dalam telekonferensi di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (25/4/2020). Dia menyebut upaya menjaga imunitas tubuh dan tetap beribadah di rumah mencegah masyarakat tertular corona.

"Covid-19 ini bisa dilawan melalui imunitas dan tingkat imunitas itu dibangun melalui dua hal yakni jasmani dan rohani," kata Mahfud.

Mahfud menuturkan yang dilakukan untuk penguatan imunitas secara jasmani yakni berolahraga, makan bergizi yang cukup dan teratur, tidur dengan baik, dan minum vitamin. Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh harus dijaga agar tetap sehat.

Kemudian, masyarakat harus tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak sosial sehingga turut membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal itu sesuai dengan imbauan pemerintah.

Sementara secara rohani, warga bisa melaksanakan ajaran-ajaran ibadah termasuk ibadah Ramadan yang baik. Menurutnya ibadah mendukung ketenangan hati yang merupakan separuh dari kekuatan imunitas.

"Ibadah dengan baik agar hati tenang, tenteram, dan nyaman sehingga imunitas bertambah," ucapnya.

Mahfud menuturkan takwa diterjemahkan ke dalam dua sifat yakni ritual dan sosial. Lalu yang sifatnya sosial berarti menjaga orang lain di dalam pergaulan agar tidak membahayakan dan dibahayakan oleh orang lain.

"Sementara yang sifatnya ritual bisa dilakukan di rumah diantaranya dengan membaca Al Quran dan salat tarawih di rumah," kata Mahfud.

Disadur dari iNews.id

Umat Muslim Ramadan 2020 Mahfud MD Virus Corona Wabah Virus Corona


Loading...