Jaga Nutrisi Seimbang saat Puasa, Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Setiap Sahur

Jaga Nutrisi Seimbang saat Puasa, Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Setiap Sahur
Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)
Editor: Admin Teras Health —Sabtu, 25 April 2020 19:54 WIB

Terasjabar.id –  Saat ini seluruh umat muslim di dunia tengah menjalani ibadah puasa Ramadan. Artinya, semua umat Muslim akan menahan makan dan minum sejak terbit hingga tenggelamnya matahari.

Karena itu, ada beberapa kebiasaan makan utama yang perlu dipertimbangkan selama puasa. Supaya perubahan gaya hidup selama puasa tidak turut mengubah asupan gizi sehari-hari.

Menu makanan saat sahur adalah hal yang paling penting diperhatikan saat bulan Ramadan. Sebab, makanan yang dikonsumsi saat sahur harus membuat perut kenyang dan tubuh terhidrasi sepanjang hari.

Meskipun Anda tidak merasa lapar, tetapi hanya minum air putih saat sahur bisa menyebabkan kadar gula darah turun lebih cepat dan membuat tubuh merasa lelah sepanjang hari.

Sebaliknya, menu sahur yang terlalu berat akan membuat aktivitas metabolisme tubuh menurun dan memungkinkan kenaikan berat badan.

Berikut ini beberapa tips menu sahur dari Konsultan Nutrisi Herbalife, ahli Gizi Berrin Yigit yang dilansir dari Daily Sabah.

Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)
Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)

1. Jangan lupa minum air putih

Ahli gizi menyarankan minum setidaknya dua gelas air saat sahur agar tubuh tetap terhidrasi. Tetapi, lebih penting untuk meminum 2 liter air ketika buka puasa dan sahur. Minumlah air secara perlahan agar tubuh tetap terhidrasi.

2. Hindari makanan berat

Anda harus mengonsumsi makanan seimbang daripada makanan berat saat sahur. Jika Anda mengonsumsi daging, nasi dan pasta agar kenyang maka Anda akan merasa lapar serta haus sepanjang hari.

Jika Anda tidak sanggup bangun sahur, Anda bisa mengonsumsi dua kurma kering dan tiga kenari yang merupakan sumber protein ramah usus sebelum tidur.

3. Konsumsi protein

Telur yang merupakan sumber protein terbaik setelah ASI bisa membantu tubuh kita tetap kenyang untuk waktu lama. Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus telur dan menggorengnya dengan sedikit minyak.

Anda juga bisa mengonsumsi keju, 1 cangkir yogurt, atau 1 cangkir susu laktosa. Konsumsi cukup protein akan membuat tubuh merasa kenyang selama puasa.

Ilustrasi makanan sumber protein, susu, ikan, daging dan telur. (Shutterstock)
Ilustrasi makanan sumber protein, susu, ikan, daging dan telur. (Shutterstock)

4. Konsumsi sayuran

Konsumsi sayuran selama bulan puasa juga sangat penting untuk menjaga kelembaban tubuh. Jamur salah satu makanan yang bisa membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama.

5. Konsumsi kacang-kacangan dan teh herbal

Beberapa teh herbal dengan irisan lemon atau teh hitam juga baik untuk tubuh. Karena, konsumsi kacang-kacangan hingga teh herbal adalah menu yang baik dikonsumsi selama puasa.

(Suara.com)

Jaga Nutrisi Seimbang saat Puasa Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Setiap Sahur Ramadan


Loading...