Ngabuburit Ala Warga Bandung saat PSBB di Tengah Pandemi Corona

Ngabuburit Ala Warga Bandung saat PSBB di Tengah Pandemi Corona
Suasana ngabuburit pertama di Alun-alun Kota Bandung, Jawa Barat. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Editor: Admin Teras Bandung —Jumat, 24 April 2020 19:43 WIB

Terasjabar.id –  Ngabuburit atau aktivitas menunggu waktu magrib di bulan Ramadhan, tampaknya belum dapat dipisahkan dari masyarakat di tengah pandemi corona. Jumat (24/4) pukul 17.00 WIB, sejumlah pengguna kendaraan roda dua maupun empat masih memenuhi sejumlah ruas jalan di Bandung mendekati waktu magrib.

Dilansir dari Kumparan.com, para pengguna jalan tersebut ada yang merapat, berhenti di depan penjual makanan di pinggir jalan. Meski mengantre dan menggunakan masker, mereka tampak abai terhadap anjuran physical dan social distancing pemerintah.

Di Jalan Kuningan Raya misalnya, warga tampak mengantre di penjual gorengan atau minuman dingin seperti es kelapa, membuat ruas jalan semakin ramai. Jalan Purwakarta--yang letaknya tak jauh dari--Jalan Kuningan Raya juga terlihat sama.

Dua ruas jalan itu memang saban ramai di bulan Ramadhan terutama mendekati waktu magrib. Antrean kendaraan lainnya mulai terlihat ketika memasuki Jalan Arcamanik Endah.

Antrean didominasi oleh kendaraan roda empat. Ada sekelompok orang mengingatkan penggunaan masker menggunakan alat pengeras suara. Keramaian mulai berkurang sekitar 15 menit mendekati kumandang azan magrib.

Ditemui di sedang mengantre makanan ringan, ibu rumah tangga Aisyah (35) mengaku ke luar rumah membeli kebutuhan menjelang buka puasa. Dia pun mengaku sudah melengkapi diri dengan masker bahkan sarung tangan ketika memutuskan untuk keluar rumah.

"Beli makanan saja. Ini udah pake masker," kata dia.

Sementara itu, angka pasien COVID-19 yang sembuh di Jabar kembali meningkat pesat. Berdasarkan data yang diperoleh dari Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar (Pikobar) pada Jumat (24/4) pukul 12.43 WIB tercatat pasien sembuh berjumlah 87 pasien (sebelumnya 79).

Selain peningkatan angka pasien yang sembuh, pasien yang terinfeksi corona pun meningkat. Saat ini, pasien terinfeksi tercatat berjumlah 784 (sebelumnya 762). Pasien yang positif terpapar tersebar di berbagai wilayah di Jabar seperti Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Cimahi, Kabupaten Sukabumi, hingga Kota Tasikmalaya.


Ngabuburit Ala Warga Bandung saat PSBB di Tengah Pandemi Corona Bulan Ramadhan


Loading...