Umat Muslim Di Seluruh Dinia Akan Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadan 1441 H, Doa Ketika Melihat Hilal Ramadan yang Diajarkan Rasulullah

Umat Muslim Di Seluruh Dinia Akan Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadan 1441 H, Doa Ketika Melihat Hilal Ramadan yang Diajarkan Rasulullah
Ilustrasi (Islami.co : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 23 April 2020 09:16 WIB

Terasjabar.id - Umat Islam di seluruh dunia akan kedatangan tamu mulia yakni, Bulan Suci Ramadan 1441 Hijriah. Awal Ramadan diperkirakan akan jatuh pada Jumat (24/4/2020).

Namun, penentuan awal bulan masih menunggu hasil pengamatan terhadap posisi bulan atau aktivitas rukyatul hilal yang dilanjutkan dengan sidang isbat oleh pemerintah, Kamis (23/4/2020).

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya ketika bulan terlihat untuk melafalkan doa.

Berikut ini adalah beberapa riwayat hadits yang menyebutkan doa yang dibaca oleh Rasulullah ketika melihat bulan seperti dikutip iNews.id dari akun Instagram @nuonline_id.

اللهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ (وفي رواية بِاليُمْنِ) وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامِ وَالإِسْلامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَ تَرْضَى، رَبِّي (وفي رواية رَبُّنَا) وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allaahu akbaru, allaahumma ahillahuu ‘alainaa bil amni (lain riwayat bil yumni), wal iimaani, was salaami, wal islaami, wat taufiiqi li maa tuhibbu wa tardhaa. Rabbii (lain riwayat rabbanaa) wa rabbukallaahu.

Artinya, “Allah maha besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan ‘membawa’ keamanan (lain riwayat keberuntungan), keimanan, keselamatan, keislaman, petunjuk bagi amal yang Kau suka dan restui. Tuhanku (Tuhan kami) dan Tuhanmu adalah Allah,” (HR Ad-Darimi dan Ibnu Hibban).

Adapun Imam Ahmad dan Imam At-Tirmidzi merilis riwayat lain yang menyebutkan doa Rasulullah SAW saat melihat bulan dengan redaksi yang lebih singkat dari hadits riwayat Ad-Darimi dan Ibnu Hibban sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Artinya, “Ya Allah, jadikanlah ini bulan ‘membawa’ keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, wahai bulan petunjuk dan kebaikan,” (HR Ahmad dan At-Tirmidzi).

Muslim juga dianjurkan untuk memanjatkan doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ
Allahumma sallimni li Ramadhana, wa sallim Ramadhana li, wa sallimhu minni.
Artinya:
"Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan."

Doa lain yang diajarkan Rasulullah SAW jika melihat hilal Ramadhan sebagai berikut:

هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ، هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْر، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ

Artinya, “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (wahai bulan).”

Doa ini diriwayatkan oleh Imam An-Nasai yang kami kutip sebagai berikut:
.
وأخرج النسائي: أنه صلى الله عليه وسلم إِذَا رَأَى هِلاَلَ رَمَضَانَ قَالَ: هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ، هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْر ثُمَّ قَالَ : آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ

Artinya, “Rasulullah SAW bila melihat hilal Ramadhan berdoa, ‘Hilaalu khairin wa rusydin, hilaalu khairin wa rusydin.’ Ia kemudian membaca, ‘aamantu bil ladzii khalaqaka,’” (HR An-Nasai).

Hadits ini dikutip oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami dalam karyanya Ithafu Ahlil Islam bi Khususiyatis Shiyam, [Madinah, Maktabah At-Thayyibah: tanpa catatan tahun], halaman 108.

Semoga Allah memberikan kesehatan, kesempatan, keberkahan, keimanan, keislaman, ketaatan, dan kebaikan bagi kita dalam menjalani aktivitas baik ibadah maupun aktivitas harian lainnya di Bulan Ramadhan. Wallahu a‘lam.

Wallahu A'lam Bishshawab.

Disadur dari iNews.id

Ramadhan 2020 Ramadhan 1441 H Umat Muslim Ibadah Puasa


Loading...